Connect with us

Tekno Informasi

Facebook Luncurkan Bulletin, Sumber Cuan Bagi Penulis

Layanan Facebook Bulletin fokus untuk mendukung penulis independen, serta membantu mendapatkan pembaca baru serta memperkuat bisnis mereka.

Diterbitkan

on

Facebook Luncurkan Bulletin (suara pakar)
Aplikasi Facebook. (Foto: M Rizky Harahap/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Facebook Inc meluncurkan layanan Bulletin yang bisa digunakan penulis sebagai sumber cuan dengan menerbitkan tulisan berkala kepada mereka yang berlangganan, termasuk tulisan maupun podcast. Penulis bisa mempublikasikan buletin gratis atau berbayar.

“Melalui Bulletin, kami ingin mendukung kreator-kreator ini dan menyatukan perangkat yang sudah ada dengan sesuatu yang bisa secara langsung mendukung penulisan dan konten audio dari Podcast hingga Live Audio Rooms dalam satu tempat,” kata VP Global News Partnership Campbell Brown dan Product Manager News, Athena Watson, dalam siaran persnya, Rabu (30/6/2021).

Baru tersedia di Amerika Serikat, Bulletin dikembangkan di platform yang terpisah dengan Facebook, yakni dengan mengujungi situs ini di Facebook Bulletin.

Facebook menyebut tidak akan menarik bayaran kepada para penulis saat layanan ini baru diluncurkan. Sehingga, penulis bisa memiliki seluruh pendapatan dan daftar pelanggan mereka.

Menurut CEO Facebook Mark Zuckerberg, layanan Facebook Bulletin fokus untuk mendukung penulis independen. Serta membantu mendapatkan pembaca baru serta memperkuat bisnis mereka.

Saat meluncur, Facebook sudah menggandeng Malcolm Gladwell, Tan France, dan Erin Andrews. Serta berbagai penulis lain yang akan membahas berbagai topik, mulai dari olahraga, keuangan, sains, dan obat-obatan.

Menurut Zuck, fitur ini menjadi salah satu bagian dari misi Facebook untuk menambah perangkat monetisasi bagi para pembuat konten.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Instagram Music Untuk Stories

Berlangganan Bulletin Tak Harus Gunakan Akun Facebook

Mengutip TechCrunch, untuk berlangganan Facebook Buletin tak harus menggunakan akun Facebook. Tapi, Bulletin menggunakan infrastruktur Facebook termasuk Facebook Pay untuk melakukan pembayaran biaya langganan.

Pengguna bisa bergabung dengan grup yang khusus untuk pengguna berbayar. Penulis juga bisa memanfaatkan perangkat yang sudah ada di Facebook untuk membuat komunitas, seperti membuat grup atau menggunakan Facebook Live dan Live Audio Rooms untuk berdiskusi.

Selain itu, Facebook pun menyediakan fitur analisis di Bulletin. Hal itu agar penulis lebih paham audiens mereka dan bisa mengembangkan langganan.

Konten yang dimuat di Facebook Bulletin bisa didistribusikan ke Facebook News dan Facebook Page.

Saat ini Buletin belum membuka pendaftaran untuk penulis umum. Namun, layanan itu sudah menggaet sejumlah penulis pada saat uji beta dan akan menambahkan penulis secara berkala.

GRANPRIZE

Berita Populer