Connect with us

Travel

Explore Sumatera, Satu-Satunya Pariwisata di Sumut yang Kantongi Sertifikat CHSE

“Untuk wisata petualangan kita satu-satunya yang mendapat sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,”

Diterbitkan

on

Pariwisata di Sumut yang Kantongi Sertifikat CHSE (suara pakar)
Camping Ground Explore Sumatera, (Foto: Istimewa/M Ilham Pradilla)

Suarapakar.com – Explore Sumatera, salah satu destinasi wisata alam yang telah memiliki sertifikat cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan) and enviromental sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bahkan ini menjadi satu-satunya di Sumatera Utara (Sumut).

Explore Sumatera sendiri terletak di Jalan Perkebunan, Desa Durian Lingga, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumut.

Joni Kurniawan, Owner Explore Sumatera mengatakan bahwa wisata yang dibukanya ini menyuguhkan lokasi wisata yang berbeda dari lainnya. Diungkapkannya, wisata alammnya ini lebih mengutamakan kesehatan, kebersihan, keamanan dan kelestarian lingkungan.

“Untuk wisata petualangan kita satu-satunya yang mendapat sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar alumni Universitas Sumatera Utara saat dikonfirmasi tim Suara Pakar, Senin (23/8/2021).

Pengelolahan sampah di Explore Sumatera, dikatakan Joni, sudah sangat terkelola dengan baik. Bahkan dengan adanya lokasi wisata ini, ungkapnya, menjadi keuntungan besar bagi masyarakat sekitar.

Diantaranya limbah botol minuman bekas dari pengunjung yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai sumber pendapatan.

“Termasuk yang diaudit kita tata kelola sampahnya yang diaudit, kemana di buang limbahnya, sampah padatnya yang organik dan non organik,”

“Sampah sisa dapur yang organik kita kasih makan itik karena kita pelihara itik. Sampah botol minuman kita kasih ke masyarakat sekitar agar dijual. Sampah plastik kita simpan kembali untuk kantong plastik dan sampah bekas makanan ringan kita bakar,” jelas Joni.

Baca juga: Penasaran dengan Keindahan Alamnya, Warga Maluku Keliling Danau Toba Naik Solu

Explore Sumatera Sebagai Pusat Wisata Petualangan

Selain itu, Joni juga berniat menjadikan destinasi wisata alam ini sebagai pusatnya wisata petualangan. Itu dilakukannya agar dapat mengundang para wisatawan mancanegara beramai-ramai datang ke Explore Sumatera.

“Selain itu kita ingin ada alternatif wisata yang lagi trend petualangan, mungkin konsep pendekatannya ecotourism,” katanya.

“Kenapa petualangan? karena orang dari dulu suka berpetualang anak anak sampai orang dewasa pasti suka petualangan,” lanjutnya.

Ia pun berharap, agar wisata alam yang dibuatnya ini dapat menjadi kiblat dari para pegiat wisata alam. Menurutnya, Explore Sumatera bukan hanya sekedar rekreasi, namun ada edukasi bermanfaat yang bisa dikasih masyarakat.

“Menjadi tempat inspirasi pagi pegiat wisata lainnya untuk menirukan tempat ini, bukan sekedar datang bayar retribusi selesai tapi sampahnya banyak saja,” tuturnya.

Reporter: M Ilham Pradilla

KELASTRADING

Berita Populer