Connect with us

Sepakbola

EURO 2020: Kalahkan Kroasia 5-3, Spanyol Melaju ke Perempat Final

Spanyol akan menghadapi Swiss di babak perempat final EURO 2020, Jumat (2/7/2021) mendatang.

Diterbitkan

on

EURO 2020: Kalahkan Kroasia 5-3, Spanyol Melaju ke Perempat Final (Suara pakar)
Pemain Spanyol usai cetak gol ke gawang Kroasia. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Spanyol melaju ke perempat final EURO 2020 usai mengalahkan Kroasia 5-3 di babak 16 besar, di Stadion Parken, Denmark, Senin (28/6/2021).

Dalam pertandingan itu, Spanyol harus tertinggal 0-1 di menit ke-20 berkat gol bunuh diri Unai Simona yang gagal menahan bola backpass. Berhasil unggul, para pemain Kroasia kemudian menggebu untuk kembali menambah keunggulan atas Spanyol.

Dapat serangan terus menerus, Spanyol akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit ke-38. Berawal dari tendangan keras yang dilepas Gaya, bola muntah langsung disambar Pablo Sarabia tanpa bisa dihalau Livakociv. Gol tersebut menutup jalannya babak pertama.

Masuk di babak kedua, Spanyol langsung menggebrak dengan kembali menyerang pertahanan Kroasia. Spanyol kemudian unggul 2-1 di menit ke 56 lewat Cesar Azpilicueta memanfaatkan umpan crossing dari Ferran Torres di sebelah kiri.

Ferran Torres benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Kroasia. Usai memberikan assist matang untuk Azpilicueta. Torres membuat gol di menit ke-78. Torres dengan cerdik menggiring bola ke dalam kotak penalti mengecoh Gvardiol lalu menjebol gawang Livakovic dengan kaki kiri.

Kroasia mencetak gol balasan 3-2 lewat kaki Mislav Orsic usai terjadi kemelut di depan gawang Unai Simon. Dan akhirnya, usaha Luka Modric dkk menyamakan kedudukan datang juga. Taktik pelatih Kroasia Zlatko Dalic memasukkan Orsic dan Mario Pasalic berbuah manis. Pasalic yang menggantikan Nikola Vllasic berhasil menjebol gawang Unai Simon di menit 93 lewat sundulan kepala. Dan skor 3-3 menutup babak kedua dan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Baca juga: Mbappe Gagal Eksekusi Penalti, Prancis Tersingkir Dari EURO 2020

Alvaro Morata Jawab Keraguan Publik

Selebrasi Alvaro Morata setelah cetak gol ke gawang Kroasia. (Foto: Istimewa)

Masuk babak tambahan, Spanyol berhasil kembali unggul di menit ke-100 melalui Alvaro Morata. Menerima umpan matang dari Daniel Olmo, Morata dengan sedikit sentuhan melepaskan tembakan di dalam kotak penalti tanpa bisa ditepis Livakovic. Gol Morata ini menjawab keraguan publik terhadap dirinya yang dianggap belum ada kontribusi untuk Spanyol.

Olmo kembali menjadi momok menakutkan bagi Kroasia, dengan memberikan assist untuk gol kelima di menit 103 yang disesaikan dengan baik oleh Mikel Oyarzabal. Hingga babak pertama tambahan, Spanyol unggul 5-3 atas Kroasia.

Masuk di babak kedua tambahan, tidak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim. Hingga wasit Cuneyt Cakir asal Turki meniup pluit akhir pertandingan. Dengan hasil ini, Spanyol akan menghadapi Swiss di babak perempat final EURO 2020, Jumat (2/7/2021) mendatang.

GRANPRIZE

Berita Populer