Connect with us

Sepakbola

EURO 2020: Donnarumma Pemain Terbaik, Cristiano Ronaldo Top Skor

Donnarumma yang tampil cemerlang dalam adu penalti, terpilih sebagai pemain terbaik selama turnamen EURO 2020.

Diterbitkan

on

EURO 2020: Donnarumma Pemain Terbaik, Cristiano Ronaldo Top Skor (suara pakar)
Gianluigi Donnarumma. (Foto: JOHN SIBLEY / POOL / AFP)

Suarapakar.com – Pergelaran EURO 2020 telah usai dimana Italia berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti 3-2 (1-1), pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Dalam ajang tersebut juga, Cristiano Ronaldo keluar sebagai top skor EURO 2020 dengan 5 gol, dan Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Donnarumma yang tampil cemerlang dalam adu penalti, terpilih sebagai pemain terbaik selama turnamen EURO 2020. Dia juga sebelumnya tak kebobolan selama fase grup dan cemerlang di adu penalti melawan Spanyol.

Sementara Ronaldo sendiri pada ajang ini dinobatkan sebagai top skor dengan 5 gol, meski timnya sudah tersingkir sejak babak 16 besar. Striker Republik Ceko, Schick, juga berhasil mencetak 5 gol setelah timnya melaju sampai perempat final.

Meski punya catatan gol yang sama, Ronaldo sendiri berhak mendapatkan trofi sepatu emas. Hal itu dikarenakan ada satu assist yang dikemas Ronaldo dn Schick tidak punya.

Baca juga: Kandaskan Inggris Lewat Drama Penalti, Italia Juara Euro 2020

Ronaldo Pencetak Gol Terbanyak di EURO

Cristiano Ronaldo. (Foto: AFP/Darko Bandic)

Ronaldo juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang ajang EURO. Pemain Juventus berusia 36 tahun itu berhasil mengemas 14 gol dari 5 edisi EURO.

Sementara itu, ini merupakan gelar EURO kedua Italia setelah sebelumnya didapat pada 1968. Inggris masih puasa gelar di ajang ini meski untuk pertama kalinya bisa merasakan injak kaki di final.

Sebelumnya, para penggemar Italia sempat menebar perang dingin dengan suporter Inggris sejak pesta semifinal. Saat itu, sloga “It’s Coming Home” milik Inggris diganti dengan sebutan “It’s Coming Rome”.

Dan benar saja, slogan tersebut semakin menggaung hingga partai final ini. Sampai, akhirnnya sepak bola memang benar-benar telah kembali ke Roma (Football is coming Rome).

GRANPRIZE

Berita Populer