Connect with us

Kriminal

Edhy Prabowo Minta Dibebaskan Demi Istri Salihah dan 3 Anak

Edhy Prabowo: “Saya masih memiliki seorang istri yang sholeha dan 3 orang anak yang masih membutuhkan kasih sayang seorang ayah,”

Diterbitkan

on

Edhy Prabowo Minta Dibebaskan (suara pakar)
Mantan Menteri KKP Edhy Prabowo saat menjalani sidang. (Sumber: Detik/Ari Saputra)

Suarapakar.com – Trending media sosial Twiiter hari ini ramai dengan tagar #istri. Isinya hampir sebagian besar membully mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo minta dibebaskan atas segala tuntutan terhadap kasusnya, karena beralasan memiliki istri salihah dan tiga anak.

Tagar tersebut kian gencar dibicarakan, hingga pukul 14.30 WIB, Sabtu (10/7/2021), dan telah menempati posisi teratas trending Twitter. Isinya mayoritas perundungan yang diarahkan kepada Eks politikus Gerindra itu.

Netizen menganggap permintaan Edhy Prabowo tersebut tidak wajar dibanding rasa keadilan yang pernah terjadi terhadap pelaku kejahatan lainnya. Misalnya, maling ayam dan pencuri sendal jepit yang juga memiliki istri.

“Dis! Lu pikir maling ayam, maling sendal jepit yang dihukum lebih dari 5 tahun tu mereka gak punya anak istri dan keluarga? Lu pikir orang yg dipidana krn ambil kayu bakar dikebon sendiri gak punya anak istri dan keluarga? Istighfar Pak!!” tulis akun @AREAJULID.

“plis bikin pledoi yang kreatif, gausa jadiin anak istri alesan! Lu pas korupsi kagak mikir apa g*bl*k?! Kalo alesannya punya anak punya istri NAPI NAPI YANG TINDAK PIDANANYA LEBIH RINGAN DAN LEBIH MANUSIAWI dari elu APA KABAR HUKUMAN MEREKA ?!?!” cuit @iamfthk.

Edhy Prabowo pada Jumat kemarin membacakan nota pembelaan (pleidoi) di gedung KPK secara daring dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dalam pledoinya menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden Joko Widodo, termasuk kepada Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra dan dan Menteri Pertahanan.

“Permohonan maaf secara khusus saya sampaikan kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Bapak Prabowo Subianto, yang selama ini telah memberikan amanah atau kepercayaan kepada saya,” kata Edhy Prabowo.

Baca juga: Korupsi di Bappeda Siak, Mantan Sekdaprov Riau Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Edhy Prabowo Minta Dibebaskan

Permintaan maaf juga disampaikan Edhy kepada para mantan bawahannya di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ia mengaku, saat ini menanggung beban yang berat karena usianya yang memasuki 50 tahun. Dalam pledoi ini, Edhy menyampaikan permohonan pengampunan kalau ia memiliki istri salihah dan tiga anak yang masih membutuhkan kasih sayang seorang ayah.

“Tidak lupa permohonan maaf juga saya sampaikan kepada para pimpinan, staf dan seluruh pegawai KKP yang telah merasa terganggu dengan adanya perkara ini,” tambah Edhy.

“Saya sampaikan bahwa pada saat ini saya sudah berusia 49 tahun, usia dimana manusia sudah banyak berkurang kekuatannya untuk menanggung beban yang sangat berat. Ditambah lagi saat ini saya masih memiliki seorang istri yang sholeha dan 3 orang anak yang masih membutuhkan kasih sayang seorang ayah,” ungkap Edhy.

Jaksa menuntut Edhy Prabowo 5 tahun penjara dan denda Rp400 juta subsider 6 bulan kurungan. Ia juga wajib membayar uang pengganti senilai Rp9.687.447.219 dan 77 ribu dolar AS subsider 2 tahun penjara.

Kerugian negara terbukti, karena dalam kasus ini Edhy dinilai telah menerima 77 ribu dolar AS dan Rp24.625.587.250. Total dari keseluruhan mencapai Rp25,75 miliar yang diperoleh dari pengusaha pengekspor benih benur lobster (BBL) terkait pemberian izin budi daya dan ekspor.

GRANPRIZE

Berita Populer