Connect with us

Gaya Hidup

Dokter Tegaskan Nasi Putih Bukan Penyebab Diabetes

“Tapi kalau banyak, sepiring penuh, tiga kali makan bahkan lebih, otomatis ini akan disimpan sebagai cadangan tubuh kita dan disimpannya berupa lemak, jadilah obesitas,”

Diterbitkan

on

Suara Pakar - Nasi Putih Bukan Penyebab Diabetes
Nasi Putih. (Sumber: Pikiran Rakyat)

Suarapakar.com – Spesialis gizi klinik, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, menegaskan bahwa nasi putih bukanlah penyebab penyakit diabetes. Hal itu disampaikannya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne pada Kamis (2/12/2021).

Dibanding jenis nasi lainnya, nasi putih memang kerap dikambinghitamkan karena dianggap tidak sehat dan minim serat. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa nasi putih adalah biang kerok munculnya beberapa masalah kesehatan.

Salah satu yang santer beredar di masyarakat adalah konsumsi nasi putih dapat menyebabkan penyakit diabetes.

“Mitos (nasi putih menyebabkan diabetes). Jadi kalau nasi sampai menyebabkan diabetes, pasti udah ditarik gak boleh dikonsumsi,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Viva, Jumat (3/12/2021).

Dokter Marya mengungkapkan, penyebab diabetes yang sebenarnya adalah pola hidup individu yang bersangkutan. Seperti apa?

“Pola makan, kurang exercise, ditambah lagi mungkin ada faktor-faktor lain seperti genetik,” ungkap dia.

Dengan demikian, bukan berarti semua orang yang mengonsumsi nasi putih akan memiliki penyakit diabetes.

“Jadi balik lagi tergantung porsi dan juga faktor lifestyle yang lain. Dan juga asupan karbohidrat yang lain. Jadi bukan melulu karena nasi putih,” jelas dia.

https://bit.ly/kodesuarapakar

Baca juga: Studi Terbaru: Rutin Makan Ikan Jaga Kesehatan Otak dan Cegah Stroke

Makan Nasi Putih Berlebih Akibatkan Obesitas

Begitu pun dengan obesitas. Meski konsumsi nasi putih secara berlebihan dapat menyebabkan kegemukan bahkan obesitas, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, tidak akan menimbulkan dampak buruk tersebut.

“Karena sebenarnya tubuh kita kan tetap butuh karbohidrat. Nah kebetulan yang paling sering kita konsumsi dari nasi putih. Kalau hanya sedikit dan cukup sesuai dengan standar nutrisi tubuh kita masing-masing, harusnya ini tidak menimbulkan obesitas,” terang dia.

“Tapi kalau banyak, sepiring penuh, tiga kali makan bahkan lebih, otomatis ini akan disimpan sebagai cadangan tubuh kita dan disimpannya berupa lemak, jadilah obesitas,” imbuh dr. Marya Haryono.

Klik Untuk Berkomentar

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer