Connect with us

Ekonomi

Diskon Tarif Listrik Diperpanjang hingga Desember 2021, Cek Cara Dapatkannya

“Kami akan memperpanjang (diskon listrik) hingga Desember (2021). Jadi seluruh tahun (ini),”

Diterbitkan

on

Diskon Tarif Listrik (suara pakar)
Petugas PLN memeriksa meteran listrik. (Sumber: Setkab RI)

Suarapakar.com – Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan subsidi listrik bagi 32,6 juta pelanggan PLN golongan 450 VA dan 900 VA dari September menjadi Desember 2021. Diskon listrik ini diberikan dalam rangka mengantisipasi dampak kebijakan PPKM Darurat yang saat ini tengah berlangsung.

“Kami akan memperpanjang (diskon listrik) hingga Desember (2021). Jadi seluruh tahun (ini),” ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat dikutip dari cnnindonesia, Senin (19/7/2021)..

Untuk pelanggan listrik golongan 450 VA, akan mendapat subsidi diskon listrik sebesar 50 persen dari jumlah tagihan. Sementara itu pelanggan 900 VA, akan mendapat diskon 25 persen dari tagihan.

Nantinya, diskon tarif listrik ini akan diberikan dalam bentuk potongan tagihan kepada pelanggan pascabayar. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik didapat setelah pembelian token.

Cara ini berbeda dengan ketentuan yang berlaku pada awal tahun 2021, di mana pelanggan perlu mengakses situs resmi PT PLN (Persero), melakukan kontak dengan layanan Whatsapp perusahaan, serta aplikasi PLN Mobile.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di website, layanan Whatsapp, maupun melalui aplikasi PLN Mobile,” ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam keterangan resmi belum lama ini.

“Stimulus akan langsung didapat setelah membeli token listrik,” lanjutnya.

Baca juga: Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi Rp6,017 Ribu Triliun Akhir Mei 2021

Anggaran Subsidi Diskon Listrik Tahun 2021 Naik Jadi Rp9,49 Triliun

Guna mendukung perpanjangan diskon listrik, pemerintah menambah anggaran sebesar Rp1,91 triliun. Dengan begitu, alokasi anggaran subsidi diskon listrik naik menjadi Rp9,49 triliun, dari yang sebelumnya Rp7,58 triliun di tahun 2021.

Selain memperpanjang diskon tarif listrik, pemerintah juga memperpanjang bantuan rekening minimum biaya beban atau biaya abonemen hingga Desember 2021. Subsidi ini bisa dinikmati oleh sekitar 1,14 juta pelanggan usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta dunia usaha.

Selain diskon listrik, pemerintah juga memberikan sejumlah bantuan sosial (bansos) selama kebijakan PPKM darurat. Bansos itu dimulai dari program Kartu Sembako, bansos tunai, bantuan beras Perum Bulog, Kartu Prakerja, hingga memperpanjang subsidi kuota internet bagi pelajar dan pendidik.

GRANPRIZE

Berita Populer