Connect with us

Nasional

Digelar Serentak, KPU Usulkan Pemilu 2024 Digelar 14 Februari

KPU beralasan, jika pemilu tetap digelar April, pihaknya khawatir akan ada perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) yang memakan waktu semakin lama. Terlebih jika MK memutuskan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Diterbitkan

on

Suara Pakar - Pemilu 2024 Digelar 14 Februari
Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Sumber: Media Indonesia)

Suarapakar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan jadwal pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan digelar secara serentak, yakni pada Rabu, 14 Februari 2024.

Usulan tersebut telah dikirim ke DPR melalui surat resmi. Surat tersebut sekaligus berisi permohonan kepada DPR untuk mengadakan rapat konsultasi rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2024.

“Dalam surat tersebut, KPU menyampaikan satu alternatif lagi tanggal pemungutan suara Pemilu, yakni 14 Februari 2024,” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi lewat keterangan tertulis, Kamis (20/1/2022).

Pramono menyebut usulan ini tidak terlalu baru. Pasalnya, KPU pernah menjadikan 14 Februari 2024 sebagai pilihan pada rapat konsinyering bersama DPR dan pemerintah.

Ia berharap tanggal pemungutan suara Pemilu 2024 bisa segera ditetapkan. Pramono mengapresiasi niatan sejumlah petinggi Komisi II DPR menggelar rapat pekan depan.

https://bit.ly/kodesuarapakar

“KPU berharap tahapan pemilu segera diputuskan agar KPU memiliki kepastian untuk melaksanakan langkah-langkah persiapan, baik perencanaan anggaran, penguatan infrastruktur teknologi informasi, penyiapan regulasi, maupun sosialisasi tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik,” ujarnya.

Baca juga: Soal Wacana Jokowi 3 Periode, Fahri Hamzah: Jangan di Paksakan, Bahaya!

Pemerintah, DPR dan KPU Tak Kunjung Sepakat Soal Tanggal Pemilu 2024

Sementara itu, pemerintah, DPR, dan KPU tak kunjung sepakat soal tanggal pemungutan suara pada Pemilu 2024. Padahal, pembahasan telah dimulai sejak awal 2021.

Awalnya, KPU, pemerintah, dan DPR menyepakati pemilu dan pilkada serentak tetap digelar pada 2024. Tim Kerja Bersama menyetujui pemilu digelar 21 Februari 2024 dan pilkada pada 27 November 2024.

Setelah itu, KPU mengusulkan agar pelaksanaan Pemilu digelar pada tanggal 21 Februari 2024. KPU beralasan, jika pemilu tetap digelar April, pihaknya khawatir akan ada perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) yang memakan waktu semakin lama. Terlebih jika MK memutuskan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Sedangkan, pemerintah mengusulkan agar pemilu dilaksanakan pada April-Mei 2024. Terbaru, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengusulkan agar Pemilu dilaksanakan 15 Mei 2024.

Berita Populer