Connect with us

Kriminal

Diduga Jual Senjata ke KKB Papua, 2 Oknum Polisi Diamankan

Kadiv Propam Polri: Melakukan jual beli senjata maupun amunisi kepada KKB Papua, karenanya akan diajukan ke pengadilan.

Diterbitkan

on

senjata kkb papua (suara pakar)
Ilustrasi senjata api KKB Papua. (Foto: merdeka.com)

Suarapakar.com – Dua oknum personel polisi masing-masing bertugas di Polresta Pulau Ambon dan Polres Pulau Lease diamankan Bidang Propam Polda Maluku atas dugaan jual-beli senjata api kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Keduanya kini menjalani pemeriksaan. Keterlibatan kedua oknum tersebut berawal dari pengungkapan kasus tersebut setelah sebelumnya Polda Papua Barat mengamankan seorang perantara penjual senjata api dan amunisi kepada KKB Papua itu.

Kasus tersebut pun menarik perhatian Propam Polri. Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo mengatakan bahwa pihaknya telah mengirim tim khusus, membantu Propam Polda Maluku untuk menyelidiki kasus jual beli senjata KKB Papua itu.

Bila terbukti bersalah, maka Polri akan menindak tegas dua oknum polisi yang merupakan anggota Polresta Pulau Ambon dan Polres Pulau Lease itu.

Selain itu, Irjen Ferdy Sambo menambahkan, Komisi Etik Propram Polri juga akan memproses kedua oknum anggota Polri itu secara etik. Mereka berdua pun akan diadili di pengadilan umum apabila terbukti melakukan tindak pidana.

Tentunya, keduanya akan menjalankan sidang etik setelah adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

“Apabila dua anggota Polri melakukan tindak pidana seperti yang disangkakan, yaitu melakukan jual beli senjata maupun amunisi kepada KKB Papua, karenanya akan diajukan ke pengadilan,” tegas Irjen Ferdy Sambo melansir dari suara.com, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Tolak Beri Uang, Preman Serang Pedagang Dengan Petasan di Kota Medan

Polri Dorong Masyarakat Laporkan Oknum Polisi Nakal

Irjen Ferdy Sambo pun meminta kepada masyarakat untuk tidak segan-segan melapor kepada Propam Polri bila melihat anggota polisi yang melakukan tindak pidana.

Sebelumnya, polisi telah mengamankan seorang warga berinisial WT yang terlibat dalam jual beli senjata untuk KKB Papua. Saat itu, polisi juga berhasil mengamankan dua anggota Polri aktif yang terlibat kasus itu.

Polisi pun memastikan bahwa WT bukanlah anggota KKB Papua. WT merupakan warga biasa yang terlibat kasus itu karena motif ekonomi.

Berita Populer