Connect with us

Nasional

Didepan Rumah Jenderal Ini Dijadikan TPS, Kepling Buat Kuburan Palsu

“Kalau saya bilang bukan warga disini saja yang tidak sadar akan sampah, masih banyak masyarakat di Kota Medan ini yang belum sadar,”

Diterbitkan

on

Didepan Rumah Jenderal Ini Dijadikan TPS, Kepling Buat Kuburan Palsu (suara pakar)
Kepling Kelurahan Sempakata II, Hendri Ginting. (Foto: Alfiansyah/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Kepala Lingkungan (Kepling) Kelurahan Sempakata II, Hendri Ginting geram warga tak bertanggungjawab membuang sampah di Jalan Bunga Sedap Malam IX, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan tepat didepan rumah seorang jenderal.

“Itukan rumah Pak Arman Depari (eks Deputi Bidang Pemberantasan BNN). Pernah sekali ada acara disitu, datanglah ajudannya, ngasih tau ada sampah banyak katanya disitu, langsunglah saya bersihkan,” ucap Hendri kepada Suara Pakar, Jumat (25/6/2021).

Katanya, lahan kosong tersebut memang menjadi lokasi pembuangan sampah oleh warga yang tak bertanggungjawab. Sampah dibuang dilahan tersebut, sambil berlalu melintasinya. Dirinya sudah meminta kepada pemilik tanah agar diijinkan untuk dikelola oleh Karang Taruna.

“Sebetulnya saya pernah bilang yang punya tanah, agar bisa dikelola oleh Karang Taruna disini bisa dibuat kegiatan. Kalau lahan itu kita gunakan pasti pun orang segan buang sampah. Dia nggak ngasih,” tutur Hendri.

Ia menjelaskan, warga disekitar telah bertahun-tahun membuang sampah dilokasi itu. Padahal truk Dinas Kebersihan Pemko Medan setiap paginya masuk ke wilayah itu untuk mengambil sampah.

“Kita sudah sarankan kemarin agar petugas kebersihan masuk kedalam. Artinya kan dari Dinas Kebersihan jelas ada distribusi sampahnya. Misalnya setiap rumah Rp15 ribu perbulan, tapi enggak efektif juga, mereka pada prinsipnya pada malas bayar,” tuturnya.

Baca juga: Bobby Nasution Optimis Jadikan Sungai Sebagai Halaman Depan

Kesal Dijadikan TPS, Kepling Buat Kuburan Palsu

Tampak kuburan palsu yang dibuat oleh Hendri Ginting untuk memberitahukan agar warga dan oenguna jalan tidak lagi membuang sampah dilokasi itu. (Sumber: Istimewa)

Kekesalan Hendri memuncak, karena lokasi tersebut terus dijadikan TPS, ia pun berinisiatif kuburan palsu di Jalan Bunga Sedap Malam IX, Kecamatan Medan Selayang.

“Maksudnya itu saya bikin kuburan ecek-ecek. Biar masyarakat segan untuk membuang sampah lagi. Pesan Pak Camat jangan buat lagi kuburan disitu enggak bagus makanya saya bongkar tadi pagi-pagi,” tutur Hendri.

Hendri menuturkan, rencananya ia akan memasang spanduk tentang larangan buang sampah disitu, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan.

“Rencana spanduk dipasang nanti, spanduk larangan buang sampah sesuai Perda Kota Medan. Di spanduk juga nantinya akan tertulis larangan buang sampah dilokasi ini karena dalam pantauan, dan apabila ditemukan warga membuang sampah dikenakan denda Rp10 juta dan 3 bulan kurungan, sesuai dengan Perda Kota Medan itu tulisannya,” katanya.

Hendri menuturkan, walaupun dirinya telah melakukan berbagai upaya termasuk membuat kuburan palsu, warga tetap saja membandel.

“Tadi pagi masih ada juga yang membuang sampah, tapi kalau liat prosinya sudah sedikit, cuma tiga kantong plasitk kecil,” ucap Hendri.

Dia berharap, aksinya ini akan membuat masyarakat peduli agar tidak membuang sampah sembarang lagi.

“Harapan kita masyarakat sadarlah untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi. Kalau saya bilang bukan warga disini saja yang tidak sadar akan sampah, masih banyak masyarakat di Kota Medan ini yang belum sadar,” pungkas Hendri.

Video Kepling Buat Kuburan Palsu Agar Warga Tak Buang Sampah

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer