Connect with us

Nasional

Aceh Provinsi Termiskin di Sumatera, Denny Siregar Bersyukur

“Lho, provinsi termiskin itu prestasi. Karena jadi provinsi kaya itu biasa, sudah banyak yang melakukannya.”

Diterbitkan

on

Aceh Provinsi Termiskin
Ilustrasi salah satu rumah warga di Gampong Seuneubok Panton, Kecamatan Darul Falah, Kabupaten Aceh Timur, Januari 2019. (Sumber: Tribunnews)

Suarapakar.com – Provinsi Aceh ‘dinobatkan’ sebagai provinsi termiskin di Sumatera oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Denny Siregar pun angkat bicara pada laman media sosialnya dengan mengucap rasa syukur.

Pegiat media sosial ini pun mencuit beberapa kalimat pada laman Twitternya @Dennysiregar7 menyindir kondisi Aceh saat ini.

“Alhamdulillah.. Akhirnya ada juga prestasinya,” kata Denny Siregar kalimat pertama di Twitter, yang dipantau Suara Pakar, Rabu (17/2/2021).

Pada postingan berikutnya, Denny tidak hanya menuliskan kalimat syukur. Pria yang mengaku buzzer Jokowi ini, juga menganalogikan bahwa provinsi termiskin itu juga prestasi.

“Lho, provinsi termiskin itu prestasi. Karena jadi provinsi kaya itu biasa, sudah banyak yang melakukannya.”

“Miskin itu gaya hidup yang gak semua orang bisa. Pertahankan posisi juara bertahan! Anda bisa…” cuit Denny.

Postingan Denny Siregar itu juga melampirkan link berita dari detik.com, dengan judul Aceh Kembali Jadi Provinsi Termiskin di Sumatera. Hingga Rbu (17/2/2021) pukul 15.00 WIB, postingan tersebut disukai 1.700 dan 452 komentar.

Baca juga: Jam Tangan Jokowi Rp4,7 Miliar Pemberian Raja Salman Jadi Milik Negara

BPS Catat Aceh Termiskin di Sumatera

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh Ihsanurrijal, menyebut penduduk miskin di Aceh meningkat 19 ribu orang pada September 2020. Secara persentase, angka kemiskinan di Serambi Mekah sebesar 15,43% atau tertinggi di Sumatera.

“September 2019 tahun lalu sebelum terdampak COVID-19, kemiskinan Aceh sebesar 15,01%, kemudian turun pada Maret 2020 (menjadi) sebesar 14,99%, dan September 2020 dengan adanya pandemi COVID-19 tidak hanya di Aceh tapi juga nasional, kemiskinan Aceh meningkat menjadi 15,43%,” kata Ihsanurrijal dalam konferensi pers virtual, Senin (15/2/2021).

BPS mencatat pada September 2020 sebanyak 833,91 ribu orang adalah penduduk miskin. Hingga Maret 2020, jumlah kian meningkat, yakni 814,91 ribu orang.

Catatan kurun waktu enam bulan tersebut, penduduk miskin di daerah pedesaan dan perkotaan persentase mengalami kenaikan. Persentase penduduk miskin di perkotaan naik sebesar 0,47 poin atau dari 9,84 persen menjadi 10,31 persen.

Sementara pada bagian pedesaan angkanya naik 0,50 poin atau dari 17,46 persen menjadi 17,96 persen.

“Komoditi makanan yang berpengaruh besar terhadap nilai garis kemiskinan di perkotaan relatif sama dengan di pedesaan, di antaranya adalah beras, rokok, dan ikan tongkol/tuna/cakalang,” jelas Ihsanurrijal.

“Sedangkan untuk komoditi bukan makanan yang berpengaruh terhadap nilai garis kemiskinan adalah biaya perumahan, bensin, dan listrik,” sambungnya.

Denny Siregar Komentari Aceh Provinsi Termiskin di Sumatera

Berita Populer