Connect with us

Nasional

Covid-19 Belum Terkendali, Pemerintah Akan Terapkan PPKM Mikro Darurat

“Pengetatan Ketentuan PPKM Mikro Darurat 2 sampai dengan 20 Juli 2021 di RT/RW pada desa/kelurahan di kabupaten/kota yang ditetapkan oleh masing-masing gubernur,”

Diterbitkan

on

Pemerintah Akan Terapkan PPKM Mikro Darurat (suara pakar)
Foto ilustrasi PPKM Mikro Darurat. (Sumber: Cuplik.com)

Suarapakar.com – Pemerintah berencana akan mengaktifkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat sebagai ganti PPKM mikro mulai tanggal 2-20 Juli 2021. Hal ini terkait penanganan Pandemi Covid-19 yang belakangan mengalami peningkatan selama sepekan terakhir.

Terutama di zona merah dan oranye, agar tidak terus meningkat dan mengganggu pemulihan ekonomi nasional.

“Pengetatan Ketentuan PPKM Mikro Darurat 2 sampai dengan 20 Juli 2021 di RT/RW pada desa/kelurahan di kabupaten/kota yang ditetapkan oleh masing-masing gubernur,” tulis hasil laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengenai Evaluasi dan Perkembangan Pelaksanaan PPKM Mikro, Selasa (29/6/2021).

“Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (evaluasi setiap 2 minggu),” lanjutnya.

Nantinya, dalam PPKM Darurat ini akan menetapkan zonasi risiko. Di antaranya adalah wilayah berdasarkan standar WHO yang dibuat Kemenkes atau indikator laju penularan dan kapasitas respon.

“Namun penerapan di tingkat mikro (Desa/ Kelurahan) berbasis Zonasi Risiko yang telah dibuat Satgas,” tulis dokumen tersebut.

Untuk mengendalikan peningkatan kasus Covid-19, ditetapkan tahapan atau level PPKM Mikro dalam penanganan dan pengaturan PKM yang selama ini selalu di-update setiap dua minggu melalui Instruksi Mendagri.

Penetapan tahapan atau level pengendalian kasus Covid-19 diatur menggunakan Indikator, tata-rata kasus harian, rata-rata BOR Nasional. setiap tahapan atau level akan menentukan Level PPKM Mikro yang menunjukkan tingkat pengetatan PKM atau Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Baca juga: Pemerintah Segera Mulai Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 12-17 Tahun

Beberapa Aturan PPKM Mikro Darurat

Beberapa hal yang diatur dalam PPKM Mikro Darurat antara lain, pembatasan operasional pusat perbelanjaan dari semula pukul 20.00 menjadi pukul 17.00. Pembatasan pengunjung pusat perbelanjaan menjadi 25 persen dari kapasitas.

Pembatasan kegiatan makan dan minum di tempat umum maksimal pukul 17.00 dengan kapasitas hanya 25 persen. Layanan pesan antar atau dibawa pulang makanan dan minum sampai pukul 20.00, serta restoran yang hanya melayani pesan antar atau dibawa pulang masih diperkenankan beroperasi 24 jam.

Selain itu, Presiden Jokowi dikabarkan menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai koordinator pelaksanaan PPKM Darurat.

Jokowi sendiri dikabarkan akan mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada Kamis, (1/7/2021) mendatang.

GRANPRIZE

Berita Populer