Connect with us

Nasional

Camat Medan Amplas Gelar Patroli Pembuangan Sampah Liar

“Jadi mereka antar kesana, itupun masyarakat kadang-kadang merasa terlalu jauh dan sebagainya. Dan tetap juga ada tempat-tempat yang memang menjadi tempat pembuangan liar,”

Diterbitkan

on

Patroli Pembuangan Sampah Liar (suara pakar)
Camat Medan Amplas, Edie Matondang. (Sumber: Istimewa/Alfiansyah)

Suarapakar.com – Sejak diserahkannya tanggung jawab pengelolaan sampah kepada kecamatan, Camat Medan Amplas, Edie Matondang mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan patroli pembuangan sampah liar dengan menjemput sampah ke rumah masyarakat hingga mengantarkannya ke tempat pembuangan sementara (TPS).

Ia menyebutkan, saat ini Kecamatan Medan Amplas hanya memiliki satu TPS di Jalan Garu II Ujung, dengan jumlah penduduk sekitar 83 ribu jiwa. Menurutnya, 1 TPS itu masih belum bisa menampung seluruh sampah yang ada.

Apalagi yang menjadi persoalan, masih banyak masyarakat yang tidak mengikuti retribusi wajib bayar sampah. Sehingga banyak yang melakukan pembuangan sampah liar.

“Banyak masyarakat yang belum ikut dan membandel, jadi mereka kadang-kadang membuang diujung gang dan itu kalau sudah dijaga mereka nggak buang di situ tapi buang lagi ketempat lain, kita jaga lagi di situ mereka pindah lagi ketempat lainnya,” ungkapnya, Selasa (6/7/2021).

Meskipun tidak membayar retribusi, dikatakan Edie, seharusnya mereka bisa mengantarkan sendiri sampahnya ke TPS. Dimana selanjutnya menjadi tanggungjawab Dinas Kebersihan Kota Medan untuk mengantarkan ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Edie puu menyebutkan, saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk membawa sampahnya ke TPS.

“Jadi mereka antar kesana, itupun masyarakat kadang-kadang merasa terlalu jauh dan sebagainya. Dan tetap juga ada tempat-tempat yang memang menjadi tempat pembuangan liar,” kata Edie.

Baca juga: Diduga Pungli, Bobby Nasution Copot Camat Medan Maimun

Antisipasi Tumpukan Sampah Liar

Lebih lanjut, dia menuturkan untuk mengantisipasi terjadinya tumpukan sampah di sejumlah lokasi, pihaknya melakukan penyisiran lokasi setelah pengangkutan dilakukan oleh Dinas Kebersihan Kota Medan.

“Dimulai pagi setelah diangkut oleh dinas ada khusus petugas kita yang menyisir kembali. Kan bagi yang membuang sampah liar ini kan malam. Dan mulai jam 18:00 WIB itu kita sisir lagi. Itulah yang kita buat di kecamatan, dengan menggunakan patroli kita,” ucapnya.

Edie berharap agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya dan menyediakan kerangan-keranjang di depan rumah mereka.

“Untuk pemilahan saat ini masih belum, tapi kita mohon kepada masyarakat untuk membuang sampahnya ke TPS yang disediakan,” pungkas Edie.

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer