Connect with us

Raket

BWF Tunjuk Bali Sebagai Tuan Rumah 3 Turnamen Bergengsi, Catat Tanggalnya

Indonesia juga dijadwalkan akan menjadi tuan rumah BWF World Tour Finals 2021 yang berlangsung pada 1-5 Desember mendatang di Bali.

Diterbitkan

on

Bali Sebagai Tuan Rumah 3 Turnamen Bergengsi (suara pakar)
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, (Sumber: BWF)

Suarapakar.com – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah merilis kalender turnamen di semester kedua 2021. Tiga turnamen bergengsi rencananya akan digelar di Bali.

Melansir dari situs resminya pada Senin (28/6/2021), BWF mengumumkan kalender turnamen terbaru untuk tahun 2021. Pengumuman itu mencakup perubahan jadwal, pembatalan dan penundaan turnamen.

Pembatasan Covid-19 yang terjadi di China membuat dua turnamen yang semula berlangsung di sana, akhirnya dipindah ke tempat lain. Dua turnamen itu ialah Piala Sudirman 2021 dan BWF World Tour Finals 2021.

Piala Sudirman dipindah ke Vantaa, Finlandia dan akan digelar pada 26 September hingga 3 Oktober.

Selang satu minggu, Piala Thomas dan Uber 2020 yang sempat tertunda satu tahun, akan diselenggarakan di Aarhus, Denmark pada 9-17 Oktober.

Sementara Kejuaraan Dunia 2021 akan dilangsungkan di akhir tahun, tepatnya pada 12-19 Desember di Huelva, Spanyol.

Selain itu, Indonesia juga dijadwalkan akan menjadi tuan rumah BWF World Tour Finals 2021 yang berlangsung pada 1-5 Desember mendatang di Bali. Turnamen ini akan diadakan serangkaian dengan Indonesia Masters Super 750 (16-21 November) dan Indonesia Open Super 1000 (23-28 November).

BWF diketahui juga menaikkan level turnamen Indonesian Masters yang tadinya di kelas Super 500 menjadi Super 750. Sedangkan Indonesian Open tetap berada di Super 1000.

BWF dikabarkan juga akan menerapkan sistem bubble dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat demi terciptanya penyelenggaraan yang minim risiko penularan Covid-19.

Baca juga: Fisik Kevin Sanjaya Dinilai Paling Bagus, Pelatih: Nafasnya Tak Habis-Habis

Momen Manis di Bali, Indonesia Hampir Sapu Bersih Gelar

Bila megacu dalam dua dekade terakhir, Bali memang tak akrab dengan ajang-ajang internasional bulutangkis. Turnamen besar lebih rutin dilangsungkan di Jakarta.

Tapi, bukan berarti Bali tak meninggalkan jejak di dunia bulutangkis. Nyatanya Bali tercatat satu kali menjadi tuan rumah dari 38 penyelenggaraan Indonesia Open.

Momen itu terjadi pada edisi 1999. Kala itu, Indonesia berjaya dalam raihan gelar. Dari lima gelar yang tersedia, tim Merah-Putih nyaris sapu bersih.

Taufik Hidayat berhasil menjadi juara tunggal putra, Lidya Djaelawijaya di tunggal putri, Ricky Subagja/Rexy Mainaky di ganda putra, dan Tri Kusharjanto/Minarti Timur di ganda campuran. Indonesia hanya gagal di ganda putri di mana pasangan Denmark, Helene Kirkegaard/Rikke Olsen, sukses meraih juara.

Gambar

Jadwal terbaru turnamen BWF

GRANPRIZE

Berita Populer