Connect with us

Nasional

Bobby Nasution Larang Warganya Salat Idul Adha di Masjid dan Lapangan

“Untuk pelaksanaan Salat idul Adha tahun ini, yang ingin di selenggarakan di mesjid ataupun di lapangan untuk sementara waktu agar tidak dilaksanakan terlebih dahulu,”

Diterbitkan

on

Bobby Nasution Larang Warganya Salat Idul Adha (suara pakar)
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution, (Foto: M Ilham Pradilla/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution melarang warganya melakukan salat Idul Adha di Masjid maupun lapangan selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Bobby Nasution turut mengimbau masyarakat Kota Medan agar ikut serta dalam upaya menurunkan penyebaran Covid-19. Dengan cara mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah selama masa pandemi Covid-19.

Salah satunya, seperti larangan Salat Idul Adha di Masjid dan di lapangan. Dimana itu akan mengundang kerumunan maupun bersentuhan dengan orang banyak.

“Untuk pelaksanaan Salat idul Adha tahun ini, yang ingin di selenggarakan di mesjid ataupun di lapangan untuk sementara waktu agar tidak dilaksanakan terlebih dahulu,” ujar Bobby saat dikonfirmasi tim Suara Pakar, Jumat (16/7/2021).

Imbauan tersebut, diungkapkan Bobby, artinya bukan untuk melarang masyarakat beribadah. Namun hanya melarang lokasi ibadahnya saja, agar tidak terjadi kerumunan serta bersentuhan yang mengakibatkan peningkatan kasus Covid-19.

“Bukan tidak boleh melaksanakan salat, udah salah itu, pemerintah tidak pernah melarang melaksanakan salat,” ungkapnya.

“Namun salat berjamaah yang beresiko menyebarkan Covid-19 tidak diperkenankan. Salatlah, namun dirumah masing masing,” lanjutnya.

Bobby menegaskan kepada masyarakat agar mencermati imbauan itu dengan baik dan benar. Untuk menghindari kesalahpahaman dengan apa yang diinstruksikan pemerintah.

Ia pun meminta masyarakat agar jangan sampai mendengar berita hoax terkait kebijakan pemerintah yang melarang masyarakatnya untuk salat.

“Kalau sholat berjamaah di rumah diperbolehkan, bukan gak boleh,” ucapnya.

Baca juga: Hari Pertama PPKM Darurat di Medan, Tercatat 12 Pelanggar Telah Disidang

Bobby Persilahkan Penyembelihan Hewan Kurban

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution tetap mengijinkan adanya penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat kota Medan. Untuk pelaksanaan, dikatakan Bobby, harus sesuai dengan protokol kesehatan serta tidak ada kerumunan di lokasi penyembelihan hewan kurban.

Hal tersebut atas dasar kesepakatan dan kerja sama dengan Forkopimda.

“Karena di peraturannya harus di Rumah Potong Hewan (RPH) tidak memungkinkan, kami paham, jadi boleh di masjid. Tapi susah kita lihat dan kita pantau juga bersama timnya. Kita beritahu juga jangan sampai ada pengumpulan massa dan pembagian hewan korban datang ke masjid,” ucapnya.

“Harus door to door langsung kerumah rumah masyarakat,” pungkas Bobby menutup percakapan kepada awak media.

Reporter: M Ilham Pradilla

GRANPRIZE

Berita Populer