Connect with us

Nasional

BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di 13 Wilayah

“Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua,” tulis BMKG.

Diterbitkan

on

Waspada Hujan Lebat (suara pakar)
Foto ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang, (Sumber: Lampung Post)

Suarapakar.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang akan mengguyur sejumlah daerah di Indonesia sepanjang hari ini, Sabtu (26/6/2021).

Dari data di laman resmi BMKG, Sabtu (26/6/2021) menyebutkan, daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, yakni Sumatera Selatan, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

“Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua,” tulis BMKG.

Sementara, wilayah yang berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang namun disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara.

Baca Juga: Waspada, BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa-NTB

Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Wilayah

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan untuk mewaspadai gelombang tinggi 2,5-4 meter yang berpotensi terjadi di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai,

“Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda Bagian Barat dan Selatan,” tulis BMKG.

Kemudian, di Perairan Selatan Banten hingga Lombok, Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan, Samudra Hindia Selatan Banten hingga Nusa Tenggara Barat, Perairan Selatan Sermata Leti, Perairan Selatan Babar-Kepulauan Tanimbar, Perairan Kai–Aru, dan Laut Arafuru Bagian Barat dan Tengah.

Atas peringatan itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

“Masyarakat yang tinggal dan melakukan kegiatan di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi pun diminta untuk tetap selalu waspada,” tutupnya.

GRANPRIZE

Berita Populer