Connect with us

Nasional

BMKG Imbau 11 Provinsi Waspada Dua Siklon Tropis di Utara Indonesia

“Kedua siklon tropis tersebut dapat menyebabkan potensi dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia dalam 24 jam ke depan berupa hujan dengan intensitas sedang-lebat,”

Diterbitkan

on

Dua Siklon Tropis di Utara Indonesia
Foto ilustrasi siklon tropis. (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar warga di sebelas provinsi waspada dengan dua siklon tropis yang tumbuh di belahan utara Indonesia, yakni siklon tropis Chantu dan Conson.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan, kedua siklon ini juga disebut berpotensi memengaruhi cuaca berupa hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk di Jawa Barat.

“Kedua siklon tropis tersebut dapat menyebabkan potensi dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di wilayah Jawa Barat, yaitu meningkatnya angin di perairan selatan Jawa Barat dengan kecepatan maksimum 56 km/jam,” ucapnya melalui keterangan tertulis, Kamis (9/9/2021).

Adapun sebelas provinsi yang diminta waspada terhadap dua siklon tersebut, yakni, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. Lalu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua

Sebelumnya, BMKG menjelaskan pihaknya telah melakukan pantauan terbentuknya dua siklon itu di wilayah Belahan Bumi Utara pada Selasa (07/9/2021) pukul 19.00 WIB. Kedua siklon itu terbentuk di sekitar wilayah perairan Filipina. Keduanya disebut berpotensi memicu hujan dengan intensitas sedang-lebat dalam 24 jam ke depan.

“Kedua siklon tropis tersebut dapat menyebabkan potensi dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia dalam 24 jam ke depan berupa hujan dengan intensitas sedang-lebat,” ujar BMKG.

Baca juga: Hari Tanpa Bayangan Akan Melanda 33 Daerah di Sumut, Ini Jadwalnya

Mengenal Siklon Tropis Chantu dan Conson

Siklon Tropis Chantu terbentuk di sekitar Samudra Pasifik timur Filipina, 16.3LU, 134.5BT dengan kecepatan angin maksimum mencapai 55 knots atau 100 kilometer per jam, dan tekanan udara di pusatnya mencapai 990hPa. Siklon Tropis Chantu bergerak ke arah Barat-Barat Laut dengan kecepatan 10 knot atau 18 kilometer per jam.

Sementara itu, Siklon Tropis Conson terbentuk di sekitar Kepulauan Filipina tepatnya di 12.9 LU dan 122.6 BT dengan kecepatan angin maksimum mencapai 40 knots atau setara 75 kilometer per jam, dan tekanan udara di pusatnya mencapai 1000 hPa. Siklon itu bergerak ke arah Barat Laut dengan kecepatan 5 knot atau setara 9 kilometer per jam.

Keduanya adalah ziklon tropis Chantu dan Conson yang secara bersamaan terbentuk di sekitar wilayah perairan Filipina. Siklon Tropis Chantu terbentuk di sekitar Samudra Pasifik timur Filipina dan Siklon Tropis Conson terbentuk di sekitar Kepulauan Filipina.

Berita Populer