Connect with us

Nasional

Besok, Gerhana Bulan Total Akan Terlihat di Sumut

“Gerhana besok bisa teramati dengan mata telanjang, namun tergantung cuaca,”

Diterbitkan

on

Gerhana bulan. (Sumber: Istimewa).

Suarapakar.com – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyatakan, fenomena gerhana bulan total (Super Blood Moon) akan terlihat di Indonesia termasuk di Sumatera Utara, pada Rabu (26/5/2021).

Plt Kepala BBMKG wilayah I Medan Eridawati mengatakan, bahwa untuk wilayah Sumut sebagian daerah bisa mengamati pada awal fase total, puncak gerhana dan akhir fase total.

“Kalau untuk Medan tidak bisa mengamati, berdasarkan peta U2 (awal fase total), puncak dan U3 (akhir fase total),” katanya, Selasa (25/5/2021).

Tetapi, kata Eridawati, pada akhir fase sebagian (U4) dan akhir fase penumbra (P4), seluruh wilayah Indonesia termasuk Sumut bisa mengamatinya.

“Untuk tahap ini bisa terlihat dan kami rencananya akan mengamati dari kantor BBMKG,” ucapnya.

Eridawati menjelaskan, gerhana bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

“Gerhana bulan total terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar sehingga bulan masuk ke umbra bumi,” jelasnya.

Baca juga: Buaya Berkalung Ban Kembali Muncul Dengan Tubuh Semakin Besar

Sumut dan Aceh Daerah yang Nikmati Puncak Gerhana Bulan Langsung

Nantinya, puncak gerhana bulan besok akan terjadi pukul 18.18 WIB, 19.18 WITA dan 20.18 WIT. Adapun titik terbaik pengamatan pada puncak gerhana yakni, seluruh Indonesia kecuali sebagian kecil Riau, sebagian Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

“Gerhana bulan total pada 26 Mei 2021 dikenal dengan Super Blood Moon, karena terjadi saat bulan di Perigee (bulan berada di jarak terdekat dengan bumi),” ungkap Eridawati.

“Gerhana besok bisa teramati dengan mata telanjang, namun tergantung cuaca,” tandasnya.

Reporter: Jafar Wijaya

Berita Populer