Connect with us

Nasional

Berantas Pungli Sekolah, Disdik Medan Buka Kanal Aduan

Diterbitkan

on

Suarapakar.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan membuka kanal aduan untuk siswa dan wali siswa melaporkan praktik pungutan liar (pungli) di sekolah. Langkah ini dilakukan Disdik Medan untuk memberantas pungli di sekolah sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Medan.

Kepala Disdik Kota Medan, Laksamana Putra Siregar mengatakan, dibukanya kanal aduan tersebut bertujuan agar tidak ada lagi penyelewangan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) tenaga pendidik dan kependidikan dalam proses belajar mengajar.

“Kami sudah membuka kanal aduan yang beberapa hari ini sudah disosialisasikan kepada orangtua dan siswa, melalui sosial media,” ungkap Putra, Rabu (23/2/2022).

Selain memudahkan orangtua dan siswa, lanjut Putra, dibukanya kanal aduan ini agar pihaknya bisa dengan cepat melakukan tindakan atas laporan tersebut. Putra menuturkan, pihaknya tidak bisa berjalan sendiri memberantas pungli di sekolah tanpa bantuan siswa dan orang tua siswa yang menjadi sasaran.

“Karena ada ratusan sekolah yang
harus dipantau, maka kami butuh
juga bantuan dari orangtua dan siswa, agar pelaksanaan proses belajar mengajar terasa aman, nyaman, dan tentram. Pungli harus dihempangkan dari dunia pendidikan,” tegasnya.

Ada Pungli di Sekolah, Hubungi Nomor atau Instagram Disdik Medan

Putra juga mengatakan, adapun kanal aduan tersebut, dapat melalui sosial media, seperti Instagram Dinas Pendidikan Kota Medan (@dinas_pendidikan_kota_medan) atau WhatsApp ataupun dengan menghubungi langsung via sambung telepon seluler.

“Untuk Instagram, bisa di-Direct
message (DM) Disdik Medan. Jika melalui WhatsApp atau menghubungi secara langsung nomor 085371093888,”
beber Putra.

Putra juga berharap, wali siswa maupun siswa sendiri, tidak takut untuk melaporkan setiap praktik pungli yang terjadi di sekolah. Pihaknya berjanji akan melindungi identitas pelapor.

“Kami memohon kepada orangtua siswa agar tidak segan dan takut untuk melapor. Karena laporan ini yang banyak membantu kami untuk sama-sama memperbaiki kualitas pendidikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, menemukan pungli terhadap bantuan Dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SD Negeri 060898 Jalan Brigjen Katamso Gang Balai Desa Kecamatan Medan Maimun. Penerima bantuan Dana PIP ini, merupakan siswa terdaftar pada Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Berita Populer