Connect with us

Nasional

Berangkat dari Hobi, Joni Sukses Berbisnis Operator Arung Jeram

“Kita dulu sering buat perlombaan-perlombaan arung jeram secara amatir, meskipun sudah berjalan namun belum terlihat perkembangannya,”

Diterbitkan

on

Bisnis Operator Arung Jeram (suara pakar)
Owners Explore Sumatera Camp, Joni Kurniawan (Sumber: Istimewa/M Ilham Pradilla)

Suarapakar.com – Berawal dari hobi, seorang pria bernama Joni Kurniawan jadikan arung jeram di Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara sebagai bisnis.

Saat dikonfirmasi di kediamannya, Joni mengatakan bahwa keberhasilanya membuka usaha Explore Sumatera Camp arung jeram tak luput dari seluruh ilmu yang didapatnya saat mengemban dunia pendidikan di Universitas Sumatera Utara (USU).

Selain itu, pengalaman dari Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dan aktif di organisasi Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) turut menjadi modal ilmu dasarnya membuka bisnis operator arung jeram tersebut.

“Dari hobi jadi profesi. Dari mahasiswa pecinta alam ikut arung jeram dan semuanya dapat ilmunya. Kembangkan di federasi arung jeram abis itu selesai di federasi arung jeram buat operator arung jeram ambil bisnisnya,” ujarnya, Senin (23/8/2021).

Dituturkan Joni, dari rutinnya mengikuti kegiatan dan perlombaan arung jeram yang dilakukannya selama masih aktif di organisasi Mapala dan pengurus FAJI menjadi cikal bakal awal mulanya ide membuka bisnis operator arung jeram.

“Awalnya karena sering kegiatan lalu kita bentuk aja operator arung jeram. Orang lain belum mikir, kita sudah buat usaha arung jeram,” ucap ayah 2 anak itu.

Untuk memikat daya tariknya dan kiprahnya di dunia olahraga arus deras tersebut, dikatakan Joni, dirinya kerap kali mengadakan kegiatan perlombaan arung jeram skala kecil secara amatir ketika masih berada di FAJI.

“Kita dulu sering buat perlombaan-perlombaan arung jeram secara amatir, meskipun sudah berjalan namun belum terlihat perkembangannya,” kata mantan Ketua FAJI Sumut era tahun 90an.

Baca juga: STFJ Gandeng Mahasiswa, Bentuk INJI Warrior Camp Jadi Jurnalis Lingkungan

Joni Fokus Geluti Operator Arung Jeram Sejak Tahun 2010

Setelah itu, diungkapkan Joni, dirinya akhirnya ia berhasil buka bisnis operator arung jeram Explore Sumatera Camp, di Sei bingai, Langkat, Sumatera Utara pada tahun 2010. Menurutnya, itu berkat kerja kerasnya dan konsistennya menjalankan didunia olahraga arus deras tersebut.

“Sekitar 2010 kita buka wisata operator arung jeram sekaligus menawarkan villa tempat camp ground hingga sampai saat ini,” ungkapnya.

Tak semudah yang dibayangkan, diungkapkan Joni, dirinya juga pernah mengalami kegagalan saat membuka operator arung jeram tersebut. Namun, dengan tekad yang kuat joni tetap konsisten.

“Pertama kali kita buat di Sei wampu Langkat, namun gagal karena kondisi wilayah sungai yang terputus putus dan si bangun bendungan tidak memungkinkan lagi karena adanya pembangkit listrik mikrohidro,” jelasnya.

Tak cuma sekedar fasilitas yang lengkap dan memadai, imbuhnya, wisata miliknya ini sudah memiliki sertifikat CHSE skala nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Kita saat ini satu satunya tempat wisata outdoor yang ada di sumut yang memiliki sertifikat CHSE,” ujarnya.

Terakhir, ia berharap agar ekowisata yang didirikannya ini dapat menjadi kiblat para pegiat wisata yang ada di Sumatera Utara, khususnya yang mengedepankan CHSE.

Reporter: M Ilham Pradilla

KELASTRADING

Berita Populer