Connect with us

Al Islam

Benarkah Istri dan Anak Bisa Jadi Musuh? Ini Penjelasannya!

Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengingatkan dalam Firman-Nya, bahwa “… di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, …” (Surat ke-64 At Taghabun, ayat 14).

Diterbitkan

on

Bisa Jadi Musuh (suara pakar)
Benarkah istri dan anak bisa jadi musuh? (foto: Suarapakar.com).

Suarapakar.com – Pertama sekali penulis berharap agar para pembaca tidak baper (bawa perasaan) dengan judul ini: ‘Benarkah istri dan anak bisa jadi musuh?’. Karena ini merupakan Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang akan kita telusuri maksud-Nya.

Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ ۚ وَإِنْ تَعْفُوا وَتَصْفَحُوا وَتَغْفِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Hai orang-orang beriman, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka.

Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Surat ke-64 At Taghabun, ayat 14).

Baca juga: Hati-Hati! 4 Hal Penyebab Manusia Menjadi Sombong

Sebab-Sebab Turunnya Ayat (Asbabun Nuzul) dan Tafsirnya

Dalam Tafsir Al Madinah Al Munawwarah menjelaskan bahwa sebab turunnya ayat ini adalah,

“karena sekelompok orang yang ada di Makkah masuk Islam dan ingin berhijrah, namun istri dan anak mereka tidak membiarkan mereka pergi.”

Mujahid mengatakan tentang ayat ini:

“Demi Allah, istri dan anak-anak mereka tidak memusuhi mereka di dunia, namun rasa cinta kepada mereka menjadikan mereka melakukan hal haram dan memberikannya kepada mereka.”

فَاحْذَرُوهُمْ ۚ( maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka), maksudnya berhati-hatilah kalian dari istri dan anak kalian agar kecintaan kalian kepada mereka tidak mempengaruhi ketaatan kalian kepada Allah.

Dan janganlah kasih sayang kalian kepada mereka menjadikan kalian mencari rezeki dengan kemaksiatan kepada Allah. Lansiran dari tafsirweb.com.

Kemudian dalam Tafsir Al Muyassar (Kementerian Agama Saudi Arabia) menafsirkan bahwa penyebab istri dan anak menjadi musuh bagimu,

“karena mereka melalaikan kalian dari dzikir kepada Allah dan berjuang pada jalan-Nya dan melemahkan tekad kalian. Maka berhati-hatilah dari pengaruh mereka terhadap kalian.”

“Jika kalian memaafkan kesalahan-kesalahan mereka, berpaling dari kesalahan mereka dan menutupinya, maka sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa kalian dan merahmati kalian. Dan balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan.”

Wallahu a’lam,

Berita Populer