Connect with us

Ekonomi

BBM Langka di Sumut, Antrian Panjang Hiasi Sejumlah SPBU

“Kita akan panggil, klarifikasi kelangkaan BBM. Kelangkaan BBM jangan dibuat alasan untuk misi menaikkan harga BBM,”

Diterbitkan

on

BBM Langka di Sumut (suara pakar)
Salah satu SPBU di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, pasokan BBM jenis Pertalite terpantau kosong, Rabu (13/10/2021). (Foto: Ilham/Suara Pakar).

Suarapakar.com – Di sejumlah titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Medan dan sekitarnya mengalami kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Situasi kelangkaan itu terjadi hingga kini dan beberapa SPBU mengalami antrian panjang, Rabu (13/10/2021).

Pantauan Suara Pakar, 2 titik SPBU yang berada di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota BBM jenis Pertalite terpantau kosong. Selain itu, BBM jenis Pertamax juga kehabisan stok.

Seorang warga, Odi Siregar mengatakan akibat kelangkaan ini dirinya terpaksa menggunakan BBM jenis Pertamax Turbo. Dia mengaku biasanya menggunakan BBM jenis Pertalite untuk kebutuhan kerja.

“Pas ngisi cuma yang ada Pertamax Turbo. Terpaksa ngisi ini,” katanya kepada Suara Pakar.

Odi berharap kelangkaan yang terjadi terhadap BBM jenis Pertalite agar segera terselesaikan. Menurutnya harga BBM jenis Pertalite masih menjadi pilihan untuk digunakan di tengah imbas dari Pandemi Covid-19 yang memukul lumpuh sektor perekonomian.

“Ya kalau bisa pasokan Pertalite bisa kembali normal. Apalagi sejak Pandemi Covid-19 ini, sebagian orang berpikir keras untuk mengatur keuangan. Karena kan harga Pertalite cukup terjangkau bagi pekerja swasta,” harapnya.

Baca juga: BBM Langka di Deli Serdang Sumut, Begini Penjelasan Pertamina

DPRD Sumut Agendakan Pemanggilan PT. Pertamina MOR I Sumut

Sementara itu, terkait kelangkaan BBM di sejumlah SPBU di Kota Medan, Komisi B DPRD Sumatera Utara (Sumut) akan mengagendakan pemanggilan kepada PT. Pertamina Marketing Operasional Region (MOR) I Sumut untuk memintai klarifikasi.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga memastikan pemanggilan itu akan dilakukan secepatnya untuk mewanti-wanti kelangkaan itu dijadikan trik untuk menaikan harga BBM.

“Kita akan panggil, klarifikasi kelangkaan BBM. Kelangkaan BBM jangan dibuat alasan untuk misi menaikkan harga BBM,” tegasnya.

Zeira juga mendesak pihak Pertamina segera menyelesaikan kelangkaan BBM itu. Hal itu diupayakan agar tidak menghambat kegiatan perekonomian masyarakat yang perlahan mulai bangkit setelah dihantam Pandemi Covid-19.

“Kelangkaan beberapa hari ini sudah membuat risau masyarakat. Jangan sampai berkepanjangan yang akan membuat mobilitas terhambat,” pungkasnya.

Reporter: Ilham

KELASTRADING

Berita Populer