Connect with us

MotoGP

Batal Tahun Ini, MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika Diundur ke 2022

Mandalika International Street Circuit yang baru untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike pada 14 November 2021

Diterbitkan

on

MotoGP Indonesia Sirkuit Mandalika (suara pakar)
Sirkuit Mandalika, (Sumber: MotoGP)

Suarapakar.com – MotoGP Indonesia yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat resmi diundur ke tahun 2022. Sebelumnya MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika masuk dalam daftar cadangan pada kalender MotoGP 2021.

Hal itu dipastikan oleh pihak Dorna Sports dan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM), yang mengatakan bahwa target utama untuk Sirkuit Mandalika adalah untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike pada akhir tahun nanti.

Sedangkan untuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, semua pihak yang terlibat sepakat untuk mengadakan MotoGP Indonesia pada Maret 2022. Hal itu dengan mempertimbangan situasi di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Target tetap untuk Mandalika International Street Circuit yang baru untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike pada 14 November 2021,” demikian pernyataan resmi Dorna Sports dan FIM melansir dari situs resmi MotoGP, Jumat (9/4/2021).

“Namun, karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, semua pihak yang terlibat sepakat untuk mengadakan FIM MotoGP World Championship Grand pertama. Prix ​​di trek pada paruh pertama musim 2022, pada prinsipnya selama bulan Maret,” lanjutnya.

Meski begitu, para penggemar MotoGP di Indonesia masih tetap berpeluang menyaksikan penampilan para pembalap kelas utama di tahun 2021. Sebab, pihak Dorna Sports dan FIM akan berupaya menggelar tes di Sirkuit Mandalika jika tur Asia Tenggara pada akhir musim 2021.

“Namun, jika MotoGP dapat mengadakan acara di Asia Tenggara menjelang akhir 2021, upaya akan dilakukan untuk melakukan tes yang mungkin dilakukan oleh Tim Kelas MotoGP di Mandalika International Street Circuit selama periode waktu tersebut untuk mengantisipasi masuknya trek di kalender tahun 2022,” katanya.

Baca juga: Meski Tetap Hebat, Lorenzo Prediksi Marc Marquez Akan Beda Saat Comeback

Dorna Sports dan FIM Puas Dengan Pembangunan Sirkuit Mandalika

Sebelumnya, perwakilan Dorna Sports dan FIM berkunjung untuk melakukan inspeksi pembangunan Sirkuit Mandalika pada Rabu, (7/4/2021). Selama proses pemeriksaan, perwakilan dari FIM dan Dorna Sports mengaku terkesan dengan perkembangan Sirkuit Mandalika.

“Selama proses pemeriksaan, perwakilan dari FIM dan Dorna Sports yang diterima oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Chief Executive Officer (CEO) Mandalika Grand Prix Asosiasi (MGPA) Ricky Baheramsjah, terkesan dengan evolusi proyek serta standar keselamatan yang diterapkan,” demikian yang disampaikan lama MotoGP.

Sementara itu, Presiden Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer bersyukur pihak Dorna Sports dan FIM puas dengan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada FIM dan Dorna yang telah datang dan melaksanakan technical visit yang berjalan dengan baik dan memenuhi harapan mereka,” ujar Abdulbar.

Perlu diketahui, sebelumnya MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika masih menjadi satu-satunya seri cadangan di kalender MotoGP 2021. Dengan kepastian dari FIM dan Dorna Sports barusan, maka status MotoGP Indonesia tidak lagi cadangan pada tahun 2022.

KELASTRADING

Berita Populer