Connect with us

Peristiwa

Banjir Rob Terjang 6 Kelurahan di Medan Belawan, 60.102 Jiwa Terdampak

“21 kecamatan di Kota Medan berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi,”

Diterbitkan

on

Suara Pakar - Banjir Rob Terjang 6 Kelurahan di Medan Belawan
Banjir Rob Terjang 6 Kelurahan di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Selasa (7/12/2021), pukul 01.30 WIB, (Sumber: BNPB)

Suarapakar.com – Banjir rob terjadi di sejumlah kelurahan yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Selasa (7/12/2021), pukul 01.30 WIB.

“Wilayah terdampak tersebar di 6 kelurahan, yaitu Kelurahan Belawan I, Belawan II, Sicanang, Bahari, Bahagia dan Bagan Deli,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/12/2021).

Muhari menyebutkan bahwa sebanyak 14.929 KK atau 60.102 jiwa terdampak banjir rob ini. Banjir rob ini dipicu oleh pasang air laut.

“Insiden ini tidak mengakibatkan korban jiwa maupun warga mengungsi,” ungkapnya.

Menyikapi kondisi tersebut, imbuh Muhari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melakukan upaya darurat untuk melakukan pemantauan kawasan terdampak banjir rob.

Pihak BPBD telah berkoordinasi dengan aparat kelurahan dan menyiagakan personel serta peralatan evakuasi apabila kondisi banjir memburuk.

https://bit.ly/kodesuarapakar

Baca juga: Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah Jadi 15 Orang, 27 Masih Hilang

21 Kecamatan Kota Medan Berpotensi Bahaya Banjir

Selain itu, personel BPBD Kota Medan juga mengimbau warga untuk tetap siaga menghadapi potensi kenaikan debit air secara tiba-tiba.

Berdasarkan pantauan prakiraan cuaca pada siang ini, wilayah Kota Medan masih berpotensi hujan ringan. Sedangkan esok dan lusa, cuaca berpeluang cerah berawan hingga berawan.

“Sementara itu, sebanyak 21 kecamatan di Kota Medan berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Kecamatan Medan Belawan yang berbatasan dengan perairan berada dalam wilayah dengan potensi bahaya tersebut,” sebut Muhari.

“Menyikapi kondisi cuaca di musim hujan atau potensi pasang air laut, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siapsiaga,” pungkasnya.

Berita Populer