Connect with us

Peristiwa

Ini Penyebab Kecelakaan Maut Avanza VS Bus Intra yang Tewaskan 9 Orang

“Kecelakaan ini diawali pecah ban mobil tersebut membuat kendaraan tidak stabil hingga oleng,”

Diterbitkan

on

penyebab kecelakaan avanza (suara pakar)
Mobil Avanza dan Bus Intra yang dievakuasi polisi pascatabrakan maut di Jalan Umum Tebing Tinggi - Pematang Siantar Km 89-90 yang menyebabkan sembilan orang meninggal dunia. (foto : istimewa)

Suarapakar.com – Polisi mengungkap fakta baru terkait penyebab kecelakaan Avanza dan bus Intra di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Tebingtinggi- Pematangsiantar Km 89-90 yang menyebabkan 9 orang tewas, Minggu (22/2/2021) malam pukul 22.30 WIB lalu.

Polisi menyebutkan, penyebab kecelakaan maut itu dikarenakan mobil Avanza BK 1697 QV yang ditumpangi seluruh korban kelebihan muatan dan alami ban pecah. Mobil berhenti setelah menabrak bus Intra BK 7091 TL. Hal tersebut terungkap setelah pihak kepolisian melakukan penyelidikan terkait kecelakaan tersebut.

Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso mengatakan, dari penyelidikan awal, kecelakaan maut diawali saat mobil Avanza yang dikemudikan Fahrul Hanafi membawa mobil dengan kecepatan tinggi. Tak hanya itu, total sembilan orang yang ada di dalam mobil Avanza tersebut juga mempengaruhi kestabilan mobil.

“Kecelakaan ini diawali pecah ban mobil tersebut membuat kendaraan tidak stabil hingga oleng dan tabrakan dengan bus Intra yang saat bersamaan melintas dari arah berlawanan,” katanya, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Korlantas Mabes Polri Cari Penyebab Kecelakaan Avanza Kontra Intra

Tidak Bersalah, Sopir Bus Intra Dibebaskan

Agus juga mengatakan sopir bus Intra yang sebelumnya diamankan saat ini sudah dilepaskan pihaknya. Sopir bus tidak bersalah karena berada di jalur yang benar saat kejadian.

“Kami melepaskan sopir Intra karena dia tidak bersalah,” ucapnya.

Untuk diketahui, dari hasil pemeriksaan dan olah TKP diketahui kejadian tersebut semula berawal ketika mobil Toyota Avanza datang dari arah Pematang Siantar menuju arah Tebingtinggi. Sesampai di TKP, mobil minibus penumpang Toyota Avanza itu diduga berjalan terlalu melebar ke kanan.

Akan tetapi pada saat yang bersamaan datang mobil bus Intra BK 7091 TL dari arah Medan menuju arah pematang Siantar, sehingga bagian depan sebelah kiri mobil bus tersebut membentur bagian samping sebelah kiri dari mobil Avanza. Kecelakaan tersebut terjadi di lajur sebelah kiri dari arah Tebingtinggi menuju arah Pematang Siantar.

Akibat peristiwa itu, sembilan orang meninggal dalam kecelakaan tersebut. Para korban terdiri dari pengemudi dan penumpang Avanza.

Para korban merupakan warga Dusun IX, Kenangan Desa Laut Dendang Kecamatan, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Mereka berstatus mahasiswa dan pelajar. Saat kejadian korban baru pulang menghadiri undangan pernikahan temannya di Kota Pematang Siantar.

Sementara, bus saat kejadian membawa sejumlah penumpang dan dipastikan selamat. Namun polisi tak menjelaskan lebih detail soal nasib para penumpang bus usai dievakuasi.

Reporter : Jafar Wijaya

Berita Populer