Connect with us

Tekno Sains

Asteroid Sebesar Lapangan Sepak Bola Dekati Bumi Besok, Berbahayakah?

Asteroid AA 2022 memiliki orbit yang lebih besar dari orbit Bumi, mengelilingi matahari, dan jalurnya bersilangan dengan Bumi.

Diterbitkan

on

Suara Pakar - Asteroid Sebesar Lapangan Sepak Bola
Foto Ilustrasi Asteroid Sebesar Lapangan Sepak Bola Dekati Bumi. (Sumber: The Paradise News)

Suarapakar.com – Sebuah asteroid berukuran setengah lapangan sepak bola akan melintas dekat Bumi pada Jumat, (4/2/2022) atau Sabtu (5/2/2022). Namun asteroid dengan nama AA 2022 itu tak menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Purple Mountain Observatory di Chinese Academy of Sciences yang berbasis di Provinsi Jiangsu, China menemukan asteroid AA pada 1 Januari 2022 lalu. Pusat Planet Kecil (Minor Planet Center/MPC) di bawah Perhimpunan Astronomi Internasional mengkonfirmasi temuan asteroid itu dan menetapkannya 2022 AA sebagai asteroid pertama tahun ini yang posisinya paling dekat Bumi.

Kepala ilmuwan program Observatorium Near-Earth Object Telescope, Zhao Haibin, mengatakan, asteroid sedang menuju ke Bumi dan diperkirakan akan mendekati jarak 2,55 juta kilometer dari permukaan Bumi.

“Mengingat jaraknya yang terbilang jauh, asteroid itu disebut tak akan menimbulkan ancaman bagi Bumi,” kata Zhao dikutip CGTN, Kamis (3/2/2022).

Senada dengan Zhao, Peneliti ahli utama Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Clara Yono Yatini mengatakan Asteroid 2022 AA akan melintas mendekati Bumi secara aman dan tidak berbahaya bagi manusia.

Asteroid 2022 AA akan melintas di dekat Bumi pada 4 Februari 2022 pukul 21.16 UT atau 5 Februari 2022 pada pukul 04.16 WIB, dengan jarak 2.542.000 kilometer dari Bumi.

“Tidak ada pengaruhnya terhadap kehidupan manusia,” ujar Clara dikutip Antara.

Ia menjelaskan, ukuran Asteroid 2022 AA tidak besar. Bumi sama sekali tidak terpengaruh dengan melintasnya asteroid tersebut.

Baca juga: Ada Fenomena Bulan Hitam di AS Akhir Januari, Indonesia Kapan?

Bergerak dengan Kecepatan 13.200 Kilometer per Jam

Di samping itu, peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang mengatakan asteroid yang berukuran 71 meter itu melintas dengan kecepatan 13.200 kilometer per jam.

Menurut Andi, jarak itu masih lebih besar dibandingkan batas roche. Batas roche adalah jarak minimum benda langit untuk dapat mempertahankan dirinya agar tidak pecah berkeping-keping.

Sejak temuan itu, stasiun pengamatan di Amerika Serikat dan Chili terus melakukan pengawasan. Mereka memperkirakan, objek langit itu milik kelompok asteroid Apollo.

Asteroid AA 2022 memiliki orbit yang lebih besar dari orbit Bumi, mengelilingi matahari, dan jalurnya bersilangan dengan Bumi.

Berita Populer