Connect with us

Nasional

Afifi Lubis Dilantik Jadi PJ Sekdaprovsu, Gubsu: Harus Jujur, dan Ikhlas

“Segera, tugas Gubenur memberikan kandidat minimal dua orang untuk diajukan ke pusat. Siapapun dari hasil seleksi tadi itu, pasti satu yang ditunjuk sudah sesuai dengan kemauan saya,”

Diterbitkan

on

Afifi Lubis Dilantik Jadi PJ Sekdaprovsu
Suasana pelantikan pj sekda di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman No.41, Kota Medan. (Foto: Istimewa/Alfiasnyah)

Suarapakar.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melantik Afifi Lubis menjadi Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Jumat (25/6/2021). Afifi menggantikan Sabrina yang sebelumnya telah pensiun.

Edy meminta Pj Sekda Sumut yang baru dilantik agar dapat bertugas dengan mengedepankan integritas. Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Intinya harus jujur, benar, berani, tulus dan ikhlas,” kata Edy.

Diketahui, Afifi sebelumnya ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekda Provinsi Sumut (Sekdaprovsu). Selain menjabat sebagai Pj Sekdaprovsu, saat ini ia juga menduduki jabatan defenitif sebagai Sekretaris DPRD Sumut.

Bahkan Afifi, sempat merangkap tiga jabatan sekaligus yaitu sebagai Kepala Biro Pemerintahan. Tapi merangkap sebagai Plt Kepala BKD dan Sekretaris DPRD Sumut.

Baca juga: Pasca Bocah Tewas Digigit Anjing, Pemko Medan Usulkan Vaksinasi Rabies

Pemprovsu Akan Buka Seleksi Sekdaprovsu

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) akan membuka seleksi untuk jabatan Sekdaprovsu.

Dari hasil seleksi tersebut, Edy mengakui akan memilih dua orang untuk nantinya diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Segera, tugas Gubenur memberikan kandidat minimal dua orang untuk diajukan ke pusat. Siapapun dari hasil seleksi tadi itu, pasti satu yang ditunjuk sudah sesuai dengan kemauan saya,” ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Edy, tidak menutup kemungkinan proses seleksi ini diikuti oleh pihak luar Pemprov Sumut. Sebab, lanjutnya, Proses ini terbuka untuk semua pihak.

“Terbuka, Sabrina menjadi Sekda itu dia dari luar bukan dari dalam,” katanya.

Edy menuturkan, secara administrasi Afifi bisa menjadi kandidat kuat calon Sekdaprovsu. Namun, ia masih bisa mengikuti proses tersebut.

“Tapi masa jabatan itu tinggal tahun depan, terlalu pendek. Capek lagi nanti ngajukan. Kita PJ kan dulu, abis itu benar-benar kita cari ruang seideal mungkin,” pungkas Edy.

Reporter: Alfiansyah

GRANPRIZE

Berita Populer