Connect with us

Peristiwa

9 Rumah di Deliserdang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

“Untuk nantinya kita akan bantu untuk perbaikan kembali rumah warga yang rusak akibat kejadian itu. Kita juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ekstrem saat ini,”

Diterbitkan

on

9 Rumah di Deliserdang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung (suara pakar)
Kondisi rumah warga di Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang, yang diterjang angin puting beliung, Senin (5/7/2021). (Foto: Gunawan/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Sebanyak 9 rumah di Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang rusak akibat diterjang angin puting beliung pada Senin (5/7/2021).

Pemerintah Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang, sudah mendata jumlah rumah yang rusak, akibat terjangan angin kencang sekitar pukul 18.00 WIB hingga pukul 19.30 WIB malam tersebut. Tidak ada korban luka atau jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Dari informasi diperoleh, lokasi rumah warga yang rusak akibat hujan deras disertai angin kencang berada di Dusun II dan Dusun III Desa Sidomulyo, Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang.

Adapun rumah yang mengalami kerusakan milik warga dusun II diantaranya, rumah Indra Ghajali (38),M. Indrawan(26), Meria Novitri(33), Alfrida Dumaria (45), Suhartoyo(46), Madi (59) dan Sutrisno (57). Sementara untuk rumah warga di dusun III yang rusak masing masing Verawati br Sitepu (39) dan Rosida Tarigan.

Kapolsek Biru-Biru Iptu Cahyadi saat dikonfirmasi, Selasa (6//7/2021) mengatakan, hujan deras disertai angin puting beliung mengakibatkan 9 rumah warga di Desa Sidomulyo mengalami kerusakan, dan pihaknya sudah melakukan turun langsung ke tempat kejadian perkara (TKP), dan tidak ada menemukan korban jiwa atau luka.

Dia menyebut pasca peristiwa, Camat Biru Biru Muhammad Dhani Mulyawan Simatupang, didampingi Sekcam Rahmat, Kepala Desa Sidomulyo Masnun dan Personel Polsek Biru-biru serta staf Kantor Desa Sidomulyo memberikan bantuan sembako kepada warga yang terkena dampak angin puting beliung.

“Hasil dari pengecekan BPBD Deliserdang bahwa dari sembilan rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung tersebut empat di antaranya mengalami kerusakan ringan dan satu mengalami rusak berat ,” jelas Kapolsek.

Seng rumah warga di Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang yang terbang dan tersangkut di pepohonan. (Foto: Gunawan/Suara Pakar)

Baca juga: Total 18 Bangunan Hangus Akibat Kebakaran di Jalan Mahkamah Medan

Warga Sudah Mendapatkan Bantuan Sembako

Sementara itu, Camat Biru Biru M.Dani Mulyawan menyebutkan, kalau untuk korban angin kencang di wilayahnya sudah didata dan pihaknya sudah memberikan bantuan sembako .

“Untuk nantinya kita akan bantu untuk perbaikan kembali rumah warga yang rusak akibat kejadian itu. Kita juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ekstrem saat ini,” jelasnya.

Derasnya hujan disertai angin kencang tak hanya menerbangkan atap rumah warga namun menumbangkan sejumlah pepohonan milik warga di Kecamatan Biru Biru Kabupaten Deliserdang.

Kontributor : Gunawan

GRANPRIZE

Berita Populer