Connect with us

Kriminal

8 Personel Polres Tanjungbalai Tersangka Kasus 57 Kg Sabu Tak Bertuan

“Mereka dijerat pasal berlapis, Pasal 112, 114 Jo 132 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara,”

Diterbitkan

on

Polisi Amankan 57 Kg Sabu Tak Bertuan di Tanjungbalai (suara pakar)
Petugas temukan 57 kg sabu tak bertuan di tangkahan swasta di Sungai Lunang Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan pada Rabu (19/5/2021). (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumut menetapkan 8 orang oknum personel Polres Tanjungbalai menjadi tersangka terkait temuan sabu-sabu seberat 57 kg di tangkahan swasta di Sungai Lunang Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan pada Rabu (19/5/2021).

Kasubbid Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, ke-8 personel yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut merupakan dari Satuan Polair dan Reserse Narkoba. Penetapan tersangka tersebut usai kedelapannya menjalani pemeriksaan yang dilakukan Bidang Propam Polda Sumut, pada Senin (7/6/2021).

“Untuk penanganan ke delapan tersangka sudah diserahkan ke Direktorat (Dit) Narkoba,” ungkapnya, Rabu (23/6/2021).

MP Nainggolan pun mengungkapkan kini ke delapan personel Polres Tanjungbalai tersebut telah dilakukan penahanan di sel tahanan.

“Sudah dilakukan penahanan terhadap ke delapan tersangka,” ujarnya.

Baca juga: 57 Kg Sabu Tak Bertuan, 8 Polisi Polres Tanjungbalai Diperiksa Propam

8 Oknum Personel Polres Tanjungbalai Terancam Pasal Berlapis

MP Nainggolan menjelaskan ke delapan personel yang ditetapkan menjadi tersangka itu terancam hukuman berat. Dijelaskannya, kedelapan personel tersebut dijerat pasal berlapis.

“Mereka dijerat pasal berlapis, Pasal 112, 114 Jo 132 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara,” sebutnya.

Perlu diketahui adapun temuan sabu tak bertuan di tangkahan swasta milik masyarakat di Sungai Lunang berawal saat pihak kepolisian Polres Tanjungbalai dari Satuan Polair melakukan patroli di perairan Sungai Lunang, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Rabu (19/5/2021) lalu.

Selanjutnya petugas melakukan pengejaran terhadap sebuah perahu yang melintas dengan dua orang laki-laki di dalamnya lalu bersandar di sebuah tangkahan.

Saat dilakukan penggeledahan, petugas menemukan barang bukti 57 kg narkotika jenis sabu terdiri 41 bungkusan warna hijau merk Qing Shan dan 16 bungkus warna kuning merk Guanyinwang.

Selain sabu, petugas juga menyita 1 unit perahu dan tas tempat penyimpanan sabu yang kemudian diboyong ke Polres Tanjungbalai guna penyelidikan lebih lanjut.

Reporter: Jafar Wijaya

GRANPRIZE

Berita Populer