Connect with us

Gaya Hidup

5 Penyebab Berat Badan Susah Turun Meskipun Sudah Diet

Banyak orang yang kehilangan berat badan di minggu pertama saat diet rendah karbohidrat, tapi sebenarnya hal itu karena penurunan berat air.

Diterbitkan

on

5 Penyebab Berat Badan Susah Turun (suara pakar)
Foto ilustrasi berat badan susah turun meski sudah berusaha diet, (Sumber: Facebook Toko Sehat Utama)

Suarapakar.com – Berat badan susah turun meski sudah berusaha diet sangat mungkin terjadi. Lantas kenapa berat badan susah turun walaupun sudah diet?

Ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan penurunan berat badan. Agar berhasil menurunkan berat badan, perlu diperhatikan ulang kebiasaan dan pola makan sehari-hari.

Dengan mengetahui penyebab berat badan susah turun, diharapkan usaha keras diet tidak akan sia-sia.

1. Berat Badan Tidak Turun dengan Kilat

Foto Ilustrasi Berat Badan Tidak Turun dengan Kilat, (Sumber: Hello Sehat)

Jika suatu hari Anda menimbang dan hasilnya justru naik, jangan langsung beranggapan diet tidak berhasil sebab berat badan gagal turun. Hal ini wajar terjadi, karena biasanya berat badan baru turun setelah Anda melakukan diet selama dua minggu.

Banyak orang yang kehilangan berat badan di minggu pertama saat diet rendah karbohidrat, tapi sebenarnya hal itu karena penurunan berat air. Ini adalah tahap awal dari penurunan berat badan selama diet, selanjutnya angka timbangan Anda akan mulai menurun dan melambat secara perlahan.

Bila timbangan berat badan tak kunjung menurun, bukan berarti diet gagal. Bisa saja massa otot Anda meningkat dan akhirnya membuat timbangan berat badan Anda tak berubah.

Untuk memastikan sebenarnya apa yang terjadi saat berat badan belum terlihat turun, sebaiknya gunakan alat pengukur lainnya selain timbangan berat badan. Contohnya gunakan pita pengukur untuk mengukur lingkar pinggang, atau gunakan alat pengukur lemak yang akurat. Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui berapa kadar presentase lemak Anda saat ini.

Baca juga: Manfaat Pendekatan Emosional dengan Aktivitas Seksual Usai Bertengkar

2. Stress Setiap Hari

Stress Setiap Hari, (Sumber: Hits Banget)

Jangan dianggap sepele, jika secara sadar atau tidak sadar Anda sebenarnya sedang stres, hal ini dapat mengganggu kelancaran diet Anda. Saat ingin menurunkan berat badan, pastikan dulu bahwa tubuh Anda dalam fungsi yang baik dan kadar hormon stabil.

Jika sepanjang waktu Anda mengalami stres, maka tubuh akan memperbanyak produksi hormon stres seperti kortisol. Nah, hormon ini juga dapat merangsang rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan.

Bila hal ini terjadi, diet Anda tentu saja bisa gagal dan akhirnya berat badan susah turun. Jadi sebaiknya kelola stres dengan baik dengan melakukan kegiatan yang dapat membuat tubuh tenang dan rileks.

3. Kurang Tidur

Foto ilustrasi kurang tidur, (Sumber: Mother and Beyond)

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kurang tidur berhubungan dengan obesitas.

Pasalnya kurang tidur bisa membuat Anda merasa lapar, menimbulkan rasa lelah, dan kurang termotivasi untuk berolahraga.

Tidur adalah pilar kesehatan, Jika Anda melakukan segalanya dengan benar tetapi tidak menghabiskan waktu tidur dengan baik, maka otomatis Anda tidak bisa melihat hasil yang Anda harapkan. Berat badan gagal turun bisa saja terjadi.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Susu dan Produknya

Foto Ilustrasi Terlalu Banyak Mengonsumsi Susu, (Sumber: Pegipegi.com)

Meskipun rendah karbohidrat, jika terlalu banyak minum susu ini bisa menimbulkan masalah. Pasalnya, kandungan protein yang cukup tinggi di dalam susu dan produknya dapat mempengaruhi metabolisme energi di dalam tubuh.

Protein dalam susu dan produknya bisa meningkatkan lonjakan insulin yang tinggi mirip seperti karbohidrat. Lama-kelamaan hal ini bisa menyebabkan penumpukan energi dan leak dalam tubuh. Maka itu berat badan susah turun walaupun sudah melakukan diet.

5. Terlalu Sering ‘Curang’

Foto Ilustrasi Terlalu Sering ‘Curang’, (Sumber: Bodyfit by Amy)

Bagi Anda yang sedang diet, memang tak masalah jika sesekali curang dari diet yang sedang dijalani. Namun, jangan sampai Anda terlalu sering ‘curang’ sehingga menghancurkan rencana diet yang sudah dibuat.

Berat badan susah turun yang Anda alami ini disebabkan karena Anda tak disiplin dan menentukan dengan tepat kapan waktunya curang dan kapan tidak. Tentukan jadwal ‘kebebasan’ Anda, cukup satu kali dalam seminggu. Meski diperbolehkan curang, Anda juga harus bisa mengendalikan diri.

Klik Untuk Berkomentar

Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KELASTRADING

Berita Populer