Connect with us

Sepakbola

5 Klub Top Eropa Yang Terancam Bangkrut, Nomor 1 Mengejutkan

Kelima klub top Eropa tersebut terancam mengalami kebangkrutan akibat pandemi Covid-19.

Diterbitkan

on

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Suarapakar.com – Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi para klub-klub sepak bola papan atas di Eropa pada saat ini. Pasalnya, banyak klub elit Eropa mengalami masalah finansial akibat Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini.

Akibat hal tersebut, banyak klub-klub papan atas Eropa tersebut mulai melakukan penghematan demi untuk menghindari kondisi yang lebih menghawatirkan lagi. Meski begitu, melansir okezone.com, berikut 5 klub elite Eropa yang saat ini berada dalam jurang kebangkrutan.

5. Real Madrid

Pemain Real Madrid. (Foto: AFP)

Banyak mungkin yang tidak menyangka bahwa klub sebesar Real Madrid mengalami krisis finansial pada saat ini. Pasalnya, Real Madrid merupakan klub yang disebut-sebut memiliki pemasukan paling besar di dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Namun kenyataannya memang seperti itu. Madrid kini dikabarkan terancam mengalami kebangkrutan, lantaran memiliki hutang mencapai 901 juta euro atau sekitar Rp15,4 triliun. Renovasi Estadio Santiago Bernabeu jadi penyebab utama Madrid memiliki hutang sangat besar pada saat ini.

Baca juga: Kembar Dengan Rumput, Klub Italia Dilarang Pakai Jersey Hijau

4. Tottenham Hotspur

Pemain Tottenham Hotspur. (Foto: Tottenham Hotspur)

Salah satu tim asal Inggris yang juga disebut akan mengalami kebangkrutan akibat Covid-19 adalah Tottenham Hotspur. Hal ini dikarenakan Hotspur disebut-sebut memiliki hutang klub mencapai 589 juta euro atau sekira Rp10 triliun.

Dan kondisi tersebut pula yang sempat membuat Tottenham kesulitan mendapatkan manajer anyar. Manajemen Tottenham sendiri kabarnya bakal melego sejumlah pemain andalannya seperti Harry Kane, Deli Alli, hingga Son Heung-min pada bursa transfer musim panas 2021 demi menyeimbangkan neraca keuangan mereka.

3. Juventus

Pemain Juventus. (Foto: Juventus.com)

Juventus juga merasakan dampak negatif akibat pandemi Covid-19. Sebab gara-gara kondisi tersebut, Bianconeri (julukan Juventus) kini telah memiliki hutang klub mencapai 335 juta euro atau sekira Rp5,7 triliun.

Dengan kesulitan keuangan tersebut, Juventus dikabarkan akan menjual megabintangnya Cristiano Ronaldo. Untuk diketahui, Ronaldo memang menjadi beban Juventus karena memiliki gaji yang sangat besar.

2. Inter Milan

Pemain Inter Milan. (Foto: istimewa)

Rival Juventus di Italia, Inter Milan pun mengalami nasib yang sama. Skuad berjuluk I Nerrazzurri tersebut kabarnya memiliki hutang klub sebesar Rp250 juta euro atau sekitar Rp4,2 triliun akibat pandemi Covid-19 pada saat ini. Hal tersebut sangat menyedihkan bagi Inter, mengingat mereka baru saja menjadi juara di Liga Italia.

Kondisi tersebut memaksa Inter harus melepas beberapa pemain andalan mereka demi dapat menyeimbangkan neraca keuangan mereka. Achraf Hakimi pun menjadi pemain pertama yang dilepas Inter pada bursa transfer musim panas 2021.

1. Barcelona

Kabar mengejutkan datang dari Barcelona. El Barca dikabarkan memiliki masalah finansial yang sedang tidak baik-baik saja. Hal tersebut sudah menggema dalam beberapa bulan terakhir.

Bahkan, gara-gara kondisi tersebut membuat Barca tidak mampu mendaftarkan beberapa pemain baru yang mereka dapatkan di bursa transfer musim panas 2021.

Tidak hanya itu, kondisi keuangan yang tidak kunjung sehat menjadi alasan utama Barca kesulitan untuk memperpanjang kontrak sang megabintan yakni Lionel Messi. Padahal kontrak Messi telah kadaluwarsa per awal bulan ini.

GRANPRIZE

Berita Populer