Connect with us

Sepakbola

5 Fakta Menarik Jelang Italia VS Spanyol, No 3 Bikin Gli Azzuri Trauma

Duel semifinal EURO 2020 antara Italia vs Spanyol akan diadakan di Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Diterbitkan

on

5 Fakta Menarik Jelang Italia VS Spanyol, No 3 Bikin Gli Azzuri Trauma (suara pakar)
Duel antara Italia vs Spanyol. (Foto: AP Photo/Francisci Seco)

Suarapakar.com – Laga semifinal akan menyajikan laga antara Italia vs Spanyol di Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Antara Spanyol dan Italia, hal ini merupakan pertemuan keempat beruntun di fase gugur EURO. Pada tahun 2008 lalu, Timnas Spanyol berhasil menang melawan Italia dari drama adu penalti.

Kemudian, La Furia Roja kembali mengalahkan Gli Azzuri 4-0 di laga final EURO 2012. Terakhir, Italia yang berhasil mencuri kemenangan 2-0 di babak 16 besar. Namun tidak hanya itu saja, berikut fakta menarik duel antara Italia vs Spanyol.

1. Rekor Mentereng Spanyol di Semifinal

UEFA mencatat, antara Timnas Italia dan Spanyol ini pernah sama-sama sukses melangkah ke semifinal empat kali. Timnas Italia lolos ke babak empat besar pada 1968, 1988, 2000, dan 2012.

Namun, Italia hanya mampu meraih tiga kemenangan dari 4 laga tersebut. Satu kegagalan mereka terjadi di tahun 1968 saat melawan Uni Soviet. Sementara Spanyol telah mentas 4 kali di semifinal EURO.

Baca juga: EURO 2020: Inggris Dengan Mudah Lolos ke Semifinal, Bantai Ukraina 4-0

2. Italia Sedang On Fire

Italia yang sekarang berbeda dengan yang dulu. Hingga kemenangan terakhir atas Belgia, Timnas Italia telah berhasil tampil sebanyak 33 kali, dan mempunyai rekor tak pernah sama sekali kalah.

Timnas Italia dari catatan berhasil meraih 27 kali kemenangan dan lima kali imbang. Tren positif itu diukur sejak mereka kalah terakhir kali 0-1 saat melawan Portugal di Lisbon dalam UEFA Nations 10 September 2018 lalu.

3. Italia Selalu Gagal di Adu Penalti

Timnas Italia selalu terbilang kurang beruntung saat drama adu penalti. Mereka menang empat kali dari tujuh kesempatan. Sedangkan Spanyol menang 4 kali dari enam kesempatan. Italia pernah melakoni duel adu penalti pada perempat final edisi 2008. Saat itu Spanyol menang 4-2.

4. Jadi Ajang Reuni Azpilicueta dan Jorginho

Dalam laga semifinal ini, Chelsea menyumbangkan dua pemain andalan mereka, yakni Cesar Azpilicueta dan Jorginho. Bedanya, kedua pemain ini kini menjadi lawan. Azpilicueta untuk Tim Matador sedangkan Jorginho di Tim Negeri Pizza. Penampilan kedua pemain The Blues tersebut cukup berdampak dui EURO 2020. Yang menarik, Spanyol selalu menang jika memainkan Azpilicueta.

5. Spanyol Lebih Berpengalaman

Timnas Spanyol dianggap lebih berpengalaman manggung di pentas EURO. Mereka sukses mengoleksi tiga trofi (1964, 2008 dan 2021). Sedangkan Timnas Italia baru satu kali merasakan kemenangan di gelaran tahun 1968. Ironisnya di tahun 2012, perjuangan hebat mereka mengalahkan Jerman di semifinal, justru terasa antiklimaks saat kalah dari Spanyol di partai final.

GRANPRIZE

Berita Populer