Connect with us

Travel

5 Destinasi Wisata Terbaik di Sumatera Utara, Nomor 4 Wajib Kamu Kunjungi

Diterbitkan

on

5 Tempat Wisata di Sumatera Utara
Pulau Samosir. (Sumber: Harian Wisata)

Suarapakar.com – Dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar Indonesia, Sumatera Utara memiliki potensi wisata yang tak boleh di pandang sebelah mata. Kamu bisa menemukan beragam pesona wisata, salah satunya Pulau Samosir di Danau Toba.

Tak hanya itu, wilayah Sumut menyimpan suguhan alam yang sejuk dan tenang. Hal ini, bisa kamu rasakan saat berlibur di Sumut.

Tak hanya menawarkan pesona yang mengagumkan, masing-masing tempat wisata berikut memiliki kisah serta keunikan yang menarik untuk diketahui. Jika kamu berencana untuk menikmati alam bersama keluarga setelah masa PKKM Level 4 turun menjadi level 3, mari simak 5 wisata outdoor versi suarapakar.

1. Salju Panas Tinggi Raja

Salju Panas Tinggi Raja. (Foto: Suara Pakar)

Kalau di Pulau Jawa kamu pernah mendengar Kawah Putih Ciwidey, Sumatera Utara punya Salju Panas Tinggi Raja. Kamu tentu bertanya-tanya mengenai asal-usul penamaan lokasi tersebut bukan ? Kata ‘Salju’ dipilih karena dilokasi ini terdapat sebuah kawah yang didominasi warna putih terlihat seperti salju. Sedangkan kata ‘panas’, digunakan karena air berwarna biru kehijauan bersuhu panas.

Untuk menuju ke kawasan Salju Panas Ringgi Raja ini, kamu perlu berkendara sekitar 3 jam dari Pusat Kota Medan dengan melewati kawasan Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang hingga Bangun Purba. Untuk masuk ke area wisata ini, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 jika membawa kendaraan pribadi.

Baca juga: Dukung Pariwisata Danau Toba, PLN dan Kotrip Latih Masyarakat Pokdarwis

2. Sipinsur

Geosite Sipinsur, (Sumber: Genpi)

Kamu ingin melihat pesona Danau Toba dari sisi yang berbeda ? Kamu bisa berkunjung di Sipinsur, Desa Paerung, Humbang Hasudutan. Kawasan ini terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 1.213 mdpl. Dari sini, Kamu bisa melihat cantiknya Danau Toba dari ketinggian. Tak jarang, para fotografer memilih lokasi ini untuk mengabadikan view luasnya danau terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Jika tertarik, kamu wajib mengunjungi di waktu senja. Di waktu tersebut, kamu akan disambut dengan langit oranye dan udara sejuk yang sayu-sayu menyapa malam. Setelah puas menikmati pesona alamnya, kamu bisa turun kerumah warga mencicipi hindangan mie gomak khas Sipinsur secara gratis. Mie gomak merupakan mie berbahan dasar telur dan tepung yang disajikan dengan kuah santan panas kaya cita rasa gurih bersama teh manis panas serta kue beras.

3. Pulau Samosir

Pulau Samosir. (Sumber: Advontura)

Pulau Samosir terkenal dengan hijaunya bukit-bukit yang membentang, uniknya Pulau ini berada di atas Pulau Sumatera Utara, seperti pancake diatas panecook.

Berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pulau vulkanik ini, mulai dari bertualang di Goa Marlakkop, menikmati keunikan Batu Persidangan, Kamu juga bisa sekalian wisata iman ke Rumah Doa Sedunia yang berada di pinggiran Danau Toba.

Sahabat pakar dapat menempuh tiga jalur penyebrangan menuju Pulau Samosir melalui Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Tomok, Tigaras menuju Siminando, kemudian melaui Muara menuju Nainggolan. Khusus rute menggunakan akomodasi feri dengan kisaran harga tiket Rp90.000-Rp100.000.

4. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri, (Sumber: Visit Nias Island)

Bagi kamu pecinta pantai dan olahraga air, Pantai Sorake dan Pantai Lagundri di Sumatera Utara ialah lokasi yang perlu kamu kunjungi. Pasalnya, kedua pantai tersebut telah dinobatkan sebagai spot surfing terbaik di dunia. Tak jarang, kedua pantai ini digunakan sebagai lokasi kejuaraan surfing tingkat nasional maupun internasional, salah satunya adalah Nias Open.

Kondisi gulungan ombak yang panjang membuat aksi surfing semakin menantang. Konon, pantai yang menghadap langsung Samudera Hindia membuat kondisi ombak cukup tinggi hingga mencapai 7-10 meter. Umumnya, para peselancar dari berbagai negara berkunjung sekitar bulan April hingga September. Jika tertarik untuk mencobanya, kamu bisa berkunjung ke wisata outdoor satu ini yang terletak di Kabupaten Nias Selatan, tepatnya 12 km dari teluk Dalam.

5. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar, (Sumber: Ladies Story)

Beranjak dari Nias Sekatan. Danau Toba nyatanya bukan satu-satunya wisata danau di Sumatera Utara. Masih ada Danau Lau Kawar, salah satu danau di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) yang patut kamu kunjungi. Berada di ketinggian 2.452 mdpl, membuat udara dikawasan ini cukup sejuk.

Sesampai di lokasi ini, kamu akan disambut dengan air sejuk nan jernih, hal ini dikarenakan Danau Lau Kawar berada tepat di bawah kaki Gunung Sinabung. Datanglah ke kawasan Karo, Berastagi dengan menempuh 3 jam berkendara dengan menggunakan sepeda motor atau roda empat dari pusat Kota Medan.

Uniknya lagi sahabat pakar bisa mendirikan tenda di area yang telah disediakan oelh pihak pengelola. Jika kamu bersama keluarga besar, tersedia pula pendopo untuk kamu beristirahat. Wisata outdoor ini juga cocok untuk sahabat pakar yang baru saja menikah, atau ingin mencari suasana baru setelah lama menikah juga bisa loh. Saat malam hari, suasana malam hari di Danau Lau Kawar akan membuat kamu nyaman dan ingin berlama-lama.

Nah, itu dia 5 tempat wisata outdoor versi suarapakar. Jadi, apakah kamu sudah menetukan tujuan wisata akhir minggu ini ? Mengingat masih adanya virus Covid-19, jangan lupa terapkan protokol kesehatan dan selalu gunakan masker ya. Dengan begitu kamu bisa menikmati alam ciptaan Tuhan dengan sehat dan nyaman.

Berita Populer