Connect with us

Al Islam

3 Tips Agar Khusyu dalam Sholat!

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya,” (Surat ke-23 Al Mukmin, ayat 1-2).

Diterbitkan

on

Khusyu dalam Sholat (suara pakar)
Khusyu dalam Sholat? ini cara nya! (Foto: Islampos).

Suarapakar.com – Sholat itu mampu membersihkan manusia dari segala bentuk kotoran yang melekat padanya jiwanya. Orang yang khusyu dalam sholat nya, ibarat ia membersihkan fisiknya dengan cara mandi sebanyak lima kali sehari tentu senantiasa bersih dan wangi.

Begitulah yang dianalogikan Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam ketika menyampaikan nasehat tentang sholat kepada para sahabatnya,

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهْرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ مِنْهُ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ هَلْ يَبْقَى مِنْ دَرَنِهِ شَيْءٌ قَالُوا لَا يَبْقَى مِنْ دَرَنِهِ شَيْءٌ قَالَ فَذَلِكَ مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ يَمْحُو اللَّهُ بِهِنَّ الْخَطَايَا

“Apa pendapat kalian, seandainya ada sungai di depan pintu salah seorang dari kalian, (kemudian) ia mandi disungai itu lima kali sehari; apakah ada kotoran/daki yang tersisa?”

Mereka menjawab, ”Tidak akan ada kotoran yang tersisa sedikitpun.” Nabi berkata,”Demikianlah permisalan sholat lima waktu (dilakukan dengan khusyu’). Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan dengan sebab sholat.” (Hadits Riwayat Muslim).

Ada tiga cara agar khusyu dalam sholat, yaitu:

Baca juga: Sholatnya Kok Beda-Beda? Ikuti yang Dalilnya Kuat!

1. Memahami Bacaan Sholat

Bahasa Arab bukan bahasa kita sehari-hari, maka tidak ada cara lain kecuali kita mempelajarinya paling tidak bacaan sholat yang kita lakukan setiap hari dapat kita pahami secara baik dan dapat kita ucapkan secara benar.

Ketika Takbirratul ihram, ‘Allaahu Akbar’, jika kita paham dengan kalimat ini sungguh akan bergetar hati kita. Tidak ada yang kita takuti lagi kecuali hanya Allah yang Maha Agung. Dengan kehendak-Nya sekejap mata semua akan hancur bagaikan debu berhamburan.

Sebagaimana yang disebutkan dalam Al Quran,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (Surat ke-8 Al Anfal ayat 2).

2. Merasakan Bahwa Allah Sedang Mengawasi Sholat Kita

Sebagaimana Firman-Nya,

إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

“… Sesungguhnya Allah itu sangat dekat selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (Surat ke-4 An Nisaa, ayat 1).

3. Mempersiapkan Diri untuk Menghadap Allah.

Sholat itu adalah komunikasi kita di hadapan Allah. Kita menghadap manusia saja punya persiapan. Seperti berpakaian yang layak, mengenakan minyak wangi, berpenampilan baik, menyiapkan bahasa dan tutur kata yang akan disampaikan secara santun.

Apa lagi ini kita mau menghadap Allah pemilik seluruh alam semesta ini?

Maka berpenampilan lah yang sebaik-baiknya, karena ini merupakan awal dari kesungguhan dan keseriusan kita dalam menunjukkan kekhusyukan kita di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Fa’tabiruu ya ulil abshor, La’allakum Tuflihuun,
Wallahu a’lam,

GRANPRIZE

Berita Populer