Connect with us

Al Islam

3 Penyebab Datangnya Musibah, Banyak yang Tidak Tahu!

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya, …” (Surat ke-2 Al Baqarah, ayat 296).

Diterbitkan

on

Penyebab Datangnya Musibah (suara pakar)
Penyebab Datangnya Musibah bisa terjadi karena adanya ujian dan adzab dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, atau pelanggaran manusia terhadap hukum alam. (foto: Suara Pakar).

Suarapakar.com – Dalam Al Quran telah jelas keterangan mengenai terjadinya musibah yang datang pada setiap manusia. Namun banyak yang tidak tahu bahwa ada 3 penyebab datangnya musibah.

Ketidak tahuan itu karena umat Islam banyak yang tidak mempelajari dan memahami Al Quran dengan baik. Padahal Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan umatnya dalam sebuah hadits,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” (Hadits Riwayat Bukhari).

Baca juga: Benarkah Sakit Dapat Menggugurkan Dosa? Ini Penjelasannya!

Ini 3 Penyebab Datangnya Musibah

Adapun 3 hal yang menjadi penyebab datangnya suatu musibah kepada setiap manusia adalah sebagai berikut,

1. Ujian

Ujian atau cobaan yang Allah turunkan, adalah terkhusus hanya kepada golongan orang-orang Islam yang beriman lagi berilmu.

Sehingga apabila mereka tetap istiqomah dengan keimanannya, dan menyelesaikan ujian itu dengan ilmunya, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan meninggikan derajat mereka.

Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“ … Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Surat ke-58 Al Mujadalah, ayat 11).

Kemudian dalam ayat lain, Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga mengingatkan orang-orang yang beriman agar bersiap-siap dengan ujian yang akan diturunkan kepadanya.

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?” (Surat ke-29 Al Ankabut, ayat 2).

2. Adzab

Sedangkan turunnya Adzab adalah musibah yang didatangkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada orang-orang yang Dia kehendaki dari golongan musyrik, kafir dan zholim.

Sebagaimana Firman-Nya,

يُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ وَيَرْحَمُ مَنْ يَشَاءُ ۖ وَإِلَيْهِ تُقْلَبُونَ

“Allah mengazab siapa yang dikehendaki-Nya, dan memberi rahmat kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan hanya kepada-Nya-lah kamu akan dikembalikan.” (Surat ke-29 Al Ankabut, ayat 21).

Contoh adzab yang pernah Allah turunkan dapat kita lihat pada kisah para Nabi terdahulu, yang mana Allah menurunkan adzabnya kepada mereka dengan berbagai macam bentuk musibah bencana alam yang tidak terduga-duga kedatangannya.

3. Taqdir Sunnatullah

Maksud dari Taqdir Sunnatullah itu dapat juga berarti ‘hukum alam’. Faktor kerusakan alam yang disebabkan ulah tangan manusia yang serakah dan zholim, secara alamiyah akan terjadi bencana bagi manusia itu sendiri.

Seperti penebangan dan pembakaran hutan, membuang sampah sembarangan, rumah-rumah kaca yang merusak lapisan ozon, prilaku manusia yang tidak manusiawi, dan seterusnya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menegaskan dalam Firman-Nya,

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (Surat ke-42 Asy Syura, ayat 30).

Itulah 3 penyebab datangnya musibah yang telah diterangkan Al Quran kepada manusia. Namun hanya sebagian kecil manusia yang mau memahaminya dan bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Wallahu a’lam,

Berita Populer