Connect with us

Kriminal

3 Napi Bandar Narkoba Asal Sumut Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan

“Apabila para narapidana masih berusaha mengendalikan narkoba dari dalam lapas dan berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di lapas, kami tidak segan untuk mengambil tindakan tegas,”

Diterbitkan

on

Salah seorang napi bandar narkoba diperiksa petugas sebelum dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Rabu (1/12/2021). (Sumber: Istimewa/Ilham)

Suarapakar.com – Tiga narapidana (napi) dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sumatera Utara (Sumut) kategori bandar narkoba dan berisiko tinggi (high risk) dipindahkan ke Lapas Super Maximum Security Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Timur, Rabu (1/12/2021).

Ketiganya berasal dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan dan Lapas Kelas IIA Pematangsiantar. Ketiganya dipindahkan sekira pukul 01.00 WIB, Rabu dini hari.

Dua orang narapidana dari Lapas Tanjung Gusta Medan berinisial KR dengan pidana 20 tahun dan MAH narapidana seumur hidup. Sementara satu orang narapidana dari Lapas Pematangsiantar berinisial FC dengan pidana 8 tahun

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara Erwedi Supriyatno mengatakan pemindahan tersebut dilakukan sebagai upaya keseriusan pihaknya dalam memberantas peredaran narkoba.

“Hal itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran narkoba di lapas dan rutan di wilayah Sumatera Utara,” ungkapnya.

Personel Brimob mengiring salah satu napi bandar narkoba dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Rabu (1/12/2021). (Sumber: Istimewa/Ilham)

Baca juga: Terbukti Korupsi, Eks Rektor UINSU Dihukum 2 Tahun Penjara

3 Napi Bandar Narkoba Dipindahkan Berisiko Ganggu Keamanan Lapas

Erwedi menegaskan pemindahan tiga orang narapidana bandar narkoba dan risiko tinggi itu untuk memberikan efek jera kepada narapidana lainnya yang hendak mencoba mengendalikan peredaran narkoba dari dalam Lapas.

“Ini komitmen seluruh petugas Lapas dan Rutan dalam memberantas narkoba. Untuk memberikan efek jera kepada narapidana lainnya,” tegasnya.

https://bit.ly/kodesuarapakar

Erwedi kembali menegaskan pihaknya juga tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas kepada narapidana yang kedapatan mencoba mengendalikan narkoba di dalam Lapas dan Rutan.

“Apabila para narapidana masih berusaha mengendalikan narkoba dari dalam lapas dan berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di lapas, kami tidak segan untuk mengambil tindakan tegas,” pungkasnya.

Reporter: Ilham

Berita Populer