Connect with us

Kriminal

203 Kg Sabu Dimusnahkan, Kapolda Sumut: Ini Bukan Kehebatan

“Kita sepakat yang kita kejar dan binasakan adalah para pengedar,”

Diterbitkan

on

203 Kg Sabu Dimusnahkan, Kapolda Sumut: Ini Bukan Kehebatan (suara pakar)
Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak pimpin pemusnahan 203 kg sabu-sabu di Mapolda Sumut, Selasa (16/11/2021). (Foto: Ilham/Suara Pakar)

Suarapakar.com – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak prihatin masih tingginya peredaran narkoba di provinsi ini. Hal ini ia katakan saat pemusnahan narkoba selama periode bulan Juni hingga Oktober 2021, hasil tangkapan Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut.

“Artinya jangan dilihat ini sebuah kehebatan tetapi itu kesedihan terhadap perederan narkoba di wilayah kita,” tutur Panca didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, Kepala BNN Sumut Brigjen Pol Toga H Panjaitan, Wakil Kajati Sumut Edyward Kaban pada pemusnahan barang bukti yang berlangsung di Mapolda Sumut, Selasa (16/11/2021).

Dalam hal ini, Ditres Narkoba Polda Sumatera Utara pada periode 24 September 2021 sampai 26 Oktober 2021 mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu seberat 122 kg jaringan internasional Malaysia-Indonesia yang diedarkan di Kota Tanjungbalai, Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan. Serta mengamankan sebanyak 5 orang tersangka.

Suarapakar.com - Kelas Fakartrading 1 bulan

Kemudian periode bulan Juli 2021 hingga Oktober 2021 Ditres Narkoba Polda Sumatera Utara mengamankan narkotika jenis sabu-sabu seberat 81 Kg, ganja 71,7 Kg dan 7.150 butir pil ekstasi. Serta mengamankan 40 orang tersangka.

“Jadi total ada 203 Kilogram narkotika jenis sabu-sabu yang akan kita musnahkan hari ini. Termasuk ganja 71.775 gram dan 7.150 pil ekstasi akan kita musnahkan,” jelas Panca.

Gubsu Edy Rahmayadi menginterogasi salah satu tersangka peredaran narkoba yang diungkap Ditres Narkoba Polda Sumut. (Sumber: Humas Polda Sumut)

Baca juga: Mantan Rektor UINSU Saidurrahman Dituntut 3 Tahun Penjara

Tindak Tegas Pengedar Narkoba

Panca pun memastikan pihaknya komitmen dalam memberantas peredaran narkoba. Dia juga mengingatkan akan menindak tegas para pelaku tindak pidana narkotika yang berani mengedarkan narkoba di wilayah Sumatera Utara.

“Mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menolak dan tidak boleh memberi ruang dan kesempatan kepada para pelaku tindak pidana narkotika karena dapat merusak generasi,” ujarnya.

Sementara itu, Panca juga menyebutkan nilai sabu-sabu seberat 203 kg setara Rp203 miliar dari hitungan perkilonya seharga Rp1 miliar. Dia mengatakan hal tersebut menjadi salah satu penyebab seseorang terlibat dalam jaringan narkoba khususnya di Sumatera Utara.

“Kita sepakat yang kita kejar dan binasakan adalah para pengedar,” pungkasnya.

Reporter: Ilham

Berita Populer