Connect with us

Internasional

11 Orang Tewas Tersambar Petir di India Saat Foto Bersama

Sambaran petir telah menewaskan rata-rata 2.000 orang India sejak tahun 2004.

Diterbitkan

on

11 Orang Tewas Tersambar Petir di India Saat Foto Bersama (suara pakar)
Ilustrasi (Sumber: Istimewa)

Suarapakar.com – Sebanyak 11 orang tewas tersambar petir di kota utara Jaipur, India, pada Minggu (11/7/2021),

Peristiwa ini bermula ketika para korban mengambil foto bersama di tengah hujan di atas menara di Benteng Amer abad ke-12, sebuah objek wisata yang populer di India.

Saat peristiwa itu terjadi, ada sekitar 27 orang di menara dalam posisi bersandar di dinding benteng, dan beberapa dari mereka dilaporkan melompat ke tanah. Sambaran petir telah menewaskan rata-rata 2.000 orang India sejak tahun 2004, demikian dilansir dari laman BBC, Senin (11/7/2021).

Salah satu perwira polisi senior sempat berbicara kepada media. Dia mengatakan, bahwa menara itu adalah tempat yang populer. Dan dia menambahkan bahwa sebagian besar korban tewas masih muda.

Baca juga: 4 Terduga Pembunuh Presiden Haiti Jovenel Moise Ditembak Mati

Sambaran Petir Mengalami Peningkatan di India

Sementara itu, kepala menteri negeri bagian, Ashok Gehlot, telah mengumpulkan pemberian kompensasi bagi keluarga mereka yang telah meninggal. Musim muson India yang disertai hujan lebat, biasanya berlangsung dari Juni hingga September.

Departemen Meteorologi India (IMD) mengatakan, korban tewas akibat sambaran petir telah berlipat ganda di negara itu sejak tahun 1960-an. Data menyebutkan, bahwa insiden petir juga telah meningkat 30-40 persen sejak awal pertengahan tahun 1990-an.

Dan pada 2018 negara bagian Andhra Pradesh di India Selatan mencatat 36.749 sambaran petir hanya dalam 13 jam.

GRANPRIZE

Berita Populer